Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika
Vol 7, No 1 (2022): Edisi Januari 2022

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi pada Peseta Didik Kelas X

Al-Qurani, Nurul Reski (Unknown)
Sukariasih, Luh (Unknown)
Husein, Husein (Unknown)
Napirah, Mardiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Media Pembelajaran yang layak digunakan, yakni dengan (1) Mengembangkan media pembelajaran lectora inspire untuk meningkatkan hasil belajar fisika pada materi usaha dan energi kelas X; (2) Mengembangkan media pembelajaran berbasis  lectora inspire pada materi usaha dan energi yang valid digunakan dalam pembelajaran; (3)  Mengembangkan media pembelajaran berbasis  lectora inspire pada materi usaha dan energi yang layak digunakan dalam pembelajaran; (4) Mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis lectora inspire dalam  pembelajaran fisika materi usaha dan energi. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangkan (research and development) dengan mengadaptasi model 4D (define, design, develop dan disseminate). Media pembelajaran divalidasi oleh 3 orang ahli validator pendidikan. Subyek penelitian ini adalah 27 orang peserta didik kelas X.  IPA. 2 MAN I Kolaka. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes berbentuk pilihan ganda, dan memberikan angket respon kepada guru dan peserta didik. Teknik analisis data menggunakan deksriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan data, diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Pertama, hasil validasi media pembelajaran berbasis lectore menginspirasi pada materi usaha dan energi yang dikembangkan diperoleh indeks persetujuan akhir dari aspek isi dan konstruk yaitu 0,82. Menurut para ahli kategori validitas yang berada pada rentang 0,80 < V 1,00 termasuk dalam kategori sangat valid. Kedua, media pembelajaran berbasis lectore dinyatakan efektif yang ditunjukkan dengan hasil respon siswa, serta nilai tes ketuntasan siswa yang diperoleh dari hasil analisis n-gain sedang. Ketiga, media pembelajaran berbasis lectore menginspirasi bersifat praktis seperti yang ditunjukkan pada angket respon siswa dengan persentase 70,408% dengan kriteria baik dan angket respon guru dengan indeks persetujuan akhir sebesar 4,75 dengan kriteria sangat baik

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPFI

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika is a Scientific Journal published by the Jurusan Pendidikan Fisika of the Teaching and Education Faculty of Halu Oleo University with a period of 4 (four) times a year, namely the January, April, July and November periods. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika ...