Research Collections
Book Collections 2013

PEMIKIRAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM

Qomar, Mujamil (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 May 2014

Abstract

Buku yang ada di tangan pembaca ini berasal dari naskah yang telah penulis susun 20 tahun yang lalu, tepatnya pada 1993 hingga 1994. Naskah aslinya lebih tebal, tetapi setelah penulis telaah kembali ada bagian-bagian tertentu sebanyak 1 bab setengah, terpaksa penulis delete karena informasinya telah basi (out of date), yakni telah tertinggal oleh dinamikanya sendiri. Bagian yang di- delete itu berkaitan dengan pembahasan mengenai porspek alih status dari STAIN/IAIN menuju UIN dan kurikulum 1994, keduanya merupakan informasi yang telah terlewati jika diukur dari waktu sekarang.Pendidikan Islam dari segi prakteknya mengalami kelemahan dan keterbelakangan, mulai dari metodologi pengajaran hingga soal kepemimpinan (leadership), dari kualitas raw in-put (siswa/ mahasiswa baru) hingga kualitas out-put (tamatan/sarjana), dari etos kerja hingga prospek kerja, dan dari penggalian dana hingga penggunaannya. Potensi bahasa Arab dan Inggris belum me- nunjukkan pengembangan yang seimbang dan optimal baik di kalangan siswa/mahasiswa maupun guru/dosen. Profesionalisme dan tingkat pendidikan tenaga edukatif masih jauh dari kelayakan  dan ketinggalan dibanding tenaga edukatif yang dimiliki lembaga pendidikan lain. Upaya-upaya pegembangan tampaknya belum memperoleh konsensus-konsensus yang mendukung sepenuhnya akibat polemik wawasan dan kontroversi kepentingan sehingga belum mampu berjalan secara kondusif.Buku ini mencoba menawarkan alternatif strategi pengem-bangan pendidikan Islam dengan menekankan pada kajian manajerial berdasarkan fakta empiris di lapangan. Berbagai kelemah- an sengaja diungkap guna menerapkan strategi dan jurus-jurus pengembangan yang lebih bijaksana dan tepat sasaran. Cacat-cacat pelaksanaan pendidikan Islam sengaja ditunjukkan secara gamblang bukan untuk mendiskreditkan prestasi dan pristise pendidikan Is- lam melainkan untuk mengenali lebih dekat terhadap penyebab- penyebabnya, kemudian mencari terobosan-terobosan strategis yang fungsional merubah nasip buruk yang selama ini membelenggunya.Dengan memperhatikan pada sifat kajian buku ini yang berupaya menyodorkan pemecahan problematika (problem solving) yang terjadi di dalam tubuh institusi pendidikan Islam, maka buku ini dapat digunakan sebagai penunjang literatur mata kuliah Filsafat Pendidikan Islam dan Kapita Selekta Pendidikan dilingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN dan UIN maupun Jurusan Tarbiyah di STAIN, Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (PTAIS).

Copyrights © 2013