Ta'dib
Vol. 11 No. 2 (2021): September 2021

Judul Artikel Analisis Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Husrin Konadi (IAIN Takengon)
Syarifah Ainy Rambe (IAIN Takengon)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen kelas dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif dan Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dimana sampel diambil berdasarkan makna dan tujuan tertentu, sehingga sampel pada penelitian ini sebanyak 30 orang siswa kelas II MIN 10 Aceh Tengah. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar setelah dilakukan manajemen kelas. Dari hasil diatas dapat dilihat bahwa terdapat kenaikan setelah diberikan manajemen kelas, Pada kategori sangat rendah menunjutkkan adanya 1 orang yang memiliki hasil belajar sangat rendah atau sebanyak 3.5%, sementara setelah diberikan manajemen kelas tidak terdapat kategori sangat rendah. Kemudian pada kategori rendah terdapat 8 orang atau sebanyak 26.6% yang memiliki hasil belajar rendah dan setelah diberikan manajemen kelas hanya terdapat 1 orang yang memiliki kategori rendah hasil belajarnya. Sementara itu pada kategori sedang terdapat 33.3% atau 10 orang yang memiliki katagori sedang sebelum dilakukan manajemen kelas, dan setelah dilakukan manajemen kelas terdapat 40% atau sebantak 12 orang yang memiliki kategori sedang hasil belajarnya. Pada kategori tinggi sebelum dilakukan manajemen kelas terdapat 6 orang atau sebanyak 20% yang memiliki hasil belajar yang baik, setelah dilakukan manajemen kelas kategori tinggi terdapat 10 orang atau sebanyak 33.3% yang memiliki hasil belajar yang bagus. Pada kategori sangat tinggi terdapat 5 orang atau sebanyak 16.6% yang memiliki hasil belajar yang bagus, dan setelah diberikan manajemen kelas terdapat 7 orang atau sebanyak 23.3% yang memiliki kategori sangat tinggi hasil belajarnya. Dengan demikian terdapat peningkatan antara sebelum diberikan manajemen kelas dengan sesudah diberikan manajemen kelas.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tdb

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

TADIB: Jurnal Pemikiran Pendidikan adalah jurnal penelitian peer-review akses terbuka yang diterbitkan oleh Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM-IAIN Takengon). Tadib menyediakan platform yang menyambut baik makalah penelitian empiris orisinal tentang Jurnal Pemikiran Pendidikan yang ditulis ...