Jurnal Jendela Pendidikan
Vol. 1 No. 04 (2021): Jurnal Jendela Pendidikan: Edisi November 2021

Penerapan Nilai Karakter Kedisiplinan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD Al-Ma’soem

Rakanita Dyah Ayu Kinesti (IAIN Kudus)
Khoiru Ummatin (IAIN Kudus)
Ismi Zumaroh (IAIN Kudus)
Navira Chairin Nisa (IAIN Kudus)
Isni Nugrahen (IAIN Kudus)
Mega Ayodya Pratiwi (IAIN Kudus)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2021

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mempelajari mengenai penerapan nilai karakter kedisiplinan dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SD Al-Ma’soem Bandung. Penulisan ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dalam memperoleh data. Sehingga mampu menjelaskan proses penerapan nilai karakter kedisiplinan yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa dan pendidik SD Al-Ma’soem. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa nilai karakter kedisiplinan diperoleh dengan konsisten terhadap waktu dan hal-hal yang dapat mewujudkan potensi siswa. Hal tersebut tidak terlepas dari peranan guru sebagai pembentuk karakter pada siswa dengan pembiasaan hidup disiplin sikap, perilaku, dan etika dalam proses pembelajaran di sekolah. Dengan demikian, adanya penulisan ini diharapkan dapat membentuk karakter kedisiplinan pada diri peserta didik sehingga mampu meningkatkan hasil belajar ke arah yang lebih baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JJP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Jendela Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh CV. Jendela Edukasi Indonesia dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang pendidikan. Jurnal Jendela Pendidikan terbit 4 kali dalam satu tahun yaitu bulan Februari, Mei, Agustus, November. Kami ...