Jurnal Jendela Pendidikan
Vol. 2 No. 01 (2022): Jurnal Jendela Pendidikan: Edisi Februari 2022

Persepsi Guru dan Siswa Terhadap E-Module Praktikum Kimia Sebelum dan Pada Saat Pandemi Covid-19

Sumiyati Sumiyati (Universitas Kristen Indonesia)
Nelius Harefa (Universitas Kristen Indonesia)
Hanna Sri Rejeki Pasaribu (Universitas Kristen Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2022

Abstract

Pandemi COVID-19 mempengaruhi kebijakan pemerintah Republik Indonesia diberbagai sektor termasuk pendidikan. Kebijakan social distancing atau physical distancing dalam upaya memutus penyebaran COVID-19 berpengaruh terhadap proses pembelajaran, salah satunya pembelajaran kimia di laboratorium. solusi yang dipilih dalam rangka mengimplementasikan kebijakan tersebut yakni dengan menerapkan online learning, seperti pemanfaatan e-module. Pada penelitian ini, dianalisis dan diinterpretasi persepsi guru dan siswa terhadap e-module praktikum kimia sebelum dan pada saat pandemi COVID-19. Berdasarkan hasil penelitian, persepsi siswa terhadap e-module praktikum kimia sebelum pandemi COVID-19 sebesar 3,382 (skala 4) pada kategori baik dan pada saat pandemi COVID-19 sebesar 3,414 (skala 4) pada kategori baik. Persepsi guru terhadap e-module praktikum kimia sebelum pandemi COVID-19 sebesar 3,30 (skala 4) pada kategori baik dan pada saat pandemi COVID-19 sebesar 3,43 (skala 4) pada kategori baik. Pengembangan e-modul praktikum kimia sangat penting dilakukan, e-module berperan besar ketika pembelajaran tidak memungkinkan untuk dilakukan secara langsung dan penerapan online learning.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JJP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Jendela Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh CV. Jendela Edukasi Indonesia dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang pendidikan. Jurnal Jendela Pendidikan terbit 4 kali dalam satu tahun yaitu bulan Februari, Mei, Agustus, November. Kami ...