Tekno : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan
Vol 31, No 2 (2021)

Pengembangan Augmented Reality Card Game Amogasakti untuk Melestarikan Budaya Wayang Indonesia

Rifki Fajar Fitrianto (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan Augmented Reality Card Game Amogasakti untuk mengenalkan budaya wayang melalui media permainan. Konsep Pengembangan Amogasakti card game berbasis Augmented Reality ini adalah dengan menekankan pada konsep pengenalan budaya wayang melalui permainan kartu melalui teknologi Augmented Reality. Pengembangan AR Card game Amogasakti ini menggunakan pengembangan Research and Development model Borg and Gall. Augmented Reality yang dikembangkan memiliki kemampuan dalam memindai kartu permainan Amogasakti sebagai marker untuk menampilakn figure tokoh pewayangan dalam kartu secara 3D. Uji lapangan dilakukan dengan menganalisis hasil uji pada tiga aspek, yakni rekayasa perangkat lunak, desain pembelajaran, dan desain komunikasi visual dengan hasil 85,59 yang berarti sangat valid.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tekno

Publisher

Subject

Engineering

Description

The Journal invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of electrical engineering, informatic engineering, and vocational education, and related topic are ...