Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Vol 19, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia

NEED ASSESSMENT PEMBELAJARAN AKUNTANSI SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 PADA JURUSAN S1 PENDIDIKAN AKUNTANSI FE UNY

Rizqi Ilyasa Aghni (Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, UNY)
Siswanto Siswanto (Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, UNY)
Merinda Noorma Novida Siregar (Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, UNY)
Dian Normalitasari Purnama (Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, UNY)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2022

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui kebutuhan pembelajaran Akuntansi di masa pandemi Covid-19, yang meliputi: 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran; 2) Kendala yang dialami mahasiswa; 3) Kendala yang dialami dosen; 4) Kebutuhan mahasiswa untuk menunjang pembelajaran daring; 5) Kebutuhan dosen untuk menunjang pembelajaran daring. Penelitian dilaksanakan di Jurusan S1 Pendidikan Akuntansi FE UNY selama Februari-Juli 2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratorif dengan teknik pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pembelajaran Akuntansi dilaksanakan dengan platform media seperti Besmart, Zoom, G-meet. Media pembelajaran yang digunakan antara lain modul PDF, powerpoint, video tutorial, video youtube, dan media lain sebagai penunjang proses pembelajaran bagi mahasiswa secara mandiri; 2) Kendala yang dihadapi mahasiswa adalah kurangnya bahan ajar dan kuota internet, kesulitan jaringan, kurang paham materi, dan fasilitas kurang memadai; 3) Kendala paling banyak dialami dosen adalah banyak mahasiswa pasif ketika dosen menjelaskan; 4) Kebutuhan mahasiswa untuk menunjang pembelajaran daring meliputi buku, modul PDF, video Youtube, Powerpoint, artikel jurnal, kestabilan jaringan, kuota internet, gadget, lingkungan yang mendukung, dan platform pembelajaran; 5) Kebutuhan dosen untuk menunjang pembelajaran adalah buku pegangan, modul praktikum PDF, fasilitas internet yang memadai, artikel jurnal, platform pembelajaran, serta kemampuan membuat media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Kata Kunci: Need Assessment, Pembelajaran Daring Akuntansi, Masa Pandemi Covid-19

Copyrights © 2021