Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 38, No 1 (2021): April 2021

Tingkat Kesiapan Kampus MBKM dalam Bertransformasi Menuju Industri 4.0: Studi Kasus Self Assessment Pusat Pengembangan KKN UNNES

Kurniawan, Muhammad (Unknown)
Pardjono, Pardjono (Unknown)
Hadi, Samsul (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2021

Abstract

Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, untuk mendorong mahasiswa agar bisa menguasai berbagai keilmuan yang berguna dalam memasuki dunia kerja. Dalam mendukung kebijakan MBKM tersebut perlu mengukur kesiapan kampus terutama dalam bertransformasi terhadap perubahan industri yang menuju pada industri 4.0. Tujuan Penelitian ini untuk mengukur kesiapan Pusbang KKN (Pusat Pengembangan Kuliah Kerja Nyata) UNNES yang merupakan pelaksana program dari salah satu Program kebijakan MBKM. Kesiapan diukur dengan kuesioner indeks kesiapan industri 4.0 Indonesia (INDI 4.0) yang merupakan indeks pengukuran tingkat kesiapan dalam bertransformasi menuju Industri 4.0 yang memiliki 5 pilar 17 bidang. Masing-masing pilar dilakukan penilaian pada sesuai level kesiapan dan dilakukan pembobotan nilai, selanjutnya secara kesuluruhan nilai pilar dijumlah, nilai akhir disesuaikan dengan range nilai kesiapan INDI 4.0. Hasil penelitian ini diperoleh data pada pilar pertama manajemen dan organisasi berada pada level 3 dengan nilai 52,5. Pilar orang dan budaya ada di level 4 dengan nilai 120. Pilar Produk dan layanan dan Pilar teknologi masing-masing berada pada level 4 dengan nilai 70. Pada kriteria operasional berada di level 3 dengan nilai 52,5. Sehingga nilai keseluruhan menjadi 365 yang selanjutnya dibagi 100% dan hasil akhirnya sebesar 3,65. Melihat dari range tingkat kesiapan INDI 4.0 nilai tersebut berada pada level 4 yaitu tingkat kesiapan sudah menerapkan Industri 4.0. Sehingga dapat disimpulkan Pusbang KKN UNNES yang diukur secara self assessment menggunakan INDI 4.0 berada pada tingkat sudah menerapkan industri 4.0.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Education

Description

This journal publishes original articles on the latest issues and trends occurring internationally in education curriculum, instruction, learning, policy, and preparation of teachers with the aim to advance our knowledge of education theory and practice. Moreover, this journal also covers the issues ...