JAM : Jurnal Aplikasi Manajemen
Vol 10, No 1 (2012)

Model Hubungan Modal Sosial, Kompetensi Pemasaran (Marketing Intelligence dan Marketing Innovation) dalam Mempengaruhi Kinerja Pemasaran

Andriani, Nurita (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2012

Abstract

Penelitian tentang pada sumber daya yang berhubungan dengan strategi dan kinerja biasanya terfokus pada sumberdaya manusia, keuangan dan fisik. Sumber daya tersebut dapat dengan mudah ditiru, sehingga tidak dapat dijadikan sebagai keunggulan bersaing perusahaan. Hal ini mendorong pencarian sumber daya yang dapat dijadikan sebagai keunggulan bersaing perusahaan. Hasil dari pencarian pada lingkungan sosial merupakan sumberdaya yang khas dari perusahaan yaitu modal sosial. Modal sosial yang dibangun perusahaan mempengaruhi kualitas permintaan informasi yang digunakan untuk mengembangkan kompetensi pemasaran. Penelitian pada kompetensi pemasaran biasanya tidak spesifik, oleh karena itu memberikan peluang untuk meguji dan membuktikan pengaruh modal sosial, marketing intelegensi dan marketing innovation terhadap kinerja pemasaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh modal sosial terhadap kinerja pemasaran dan untuk membuktikan pengaruh marketing intelligence dan marketing innovation terhadap kinerja pemasaran yang dominan. Lokasi penelitian di Jawa Timur, teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sampling area yang merupakan sentra-sentra industri garmen, yaitu Malang, Gresik dan Mojokerto. Sampel yang digunakan adalah 117 pemilik/manager dari industri kecil dan menengah garmem, sedangkan alat analisa yang digunakan adalah SEM. Hasil penelitian menunjukan bahwa komitmen adalah faktor yang paling penting dalam membangun modal sosial. Kekhasan dari modal sosial dapat meningkatkan kinerja pemasaran. Modal sosial yang tinggi meningkatkan marketing intelligence dan marketing innovation. Markerting intelligence merupakan kompetensi pemasaran yang dominan dalam meningkatkan kinerja pemasaran. Modal sosial secara tidak langsung berkontribusi terhadap kinerja pemasaran melalui marketing intelegence dan marketing innovation dalam mendukung pengembangan dan peningkatan kinerja pemasaran.Kata Kunci: Modal Sosial, Marketing intelligence, Marketing Innovation, Kinerja Pemasaran

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

jam

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Aplikasi Manajemen - Journal of Applied Management (JAM) publishes all forms of quantitative and qualitative research articles and other scientific studies related to the field of functional management (marketing, finance, human resources, and operations) as well as the applied management and ...