Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan
Vol 7 No 2 (2021)

Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Materi What Time Is It pada Peserta Didik Kelas VII D SMPN 1 Hulu Sungai Tengah

Nurul Kasbiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2021

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi masih rendahnya keterampilan menulis peserta didik materi What Time Is It (60% tuntas) dan keaktifan peserta didik hanya 65% dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menulis dan keaktifan peserta didik kelas VII D SMPN 1 Hulu Sungai Tengah, serta pelaksanaan pembelajaran materi What Time Is It melalui penerapan pendekatan saintifik. Subjek dalam penelitian ini adalah 15 orang peserta didik kelas VII D1 SMPN 1 Hulu Sungai Tengah semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data bersumber dari evaluasi, lembar observasi keaktifan peserta didik, dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan saintifik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik di kelas VII D SMPN 1 Hulu Sungai Tengah dapat meningkatkan keterampilan menulis materi What Time Is It dengan ketuntasan klasikal 66,67% (siklus I) menjadi 86,67% (siklus II), keaktifan peserta didik dari 81,82% (siklus I) menjadi 90,91% (siklus II), dan pelaksanaan pembelajaran dari 88,64% (siklus I) menjadi 93,18% (siklus II).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ptp

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan (Journal of Action Research and Education) is an open access and peer-reviewed journal.The journal is a scientific journal that contains and disseminates research results, in-depth study, and innovative ideas in the field of educational science. The ...