Lingua Jurnal Bahasa dan Sastra
Vol 18, No 1 (2022): January 2022

TINDAK TUTUR PENGASUH DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SEKOLAH DASAR : ANALISIS ASERTIF

Sugiharto, Prasetyawan Aji (Unknown)
Aditama, Madya Giri (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini mengkaji tindak tutur asertif guru dalam pembelajaran jarak jauh pada kelas 1 Sekolah Dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi jenis tindak tutur dalam pembelajaran jarak jauh, dan menjelasakan fungsi dari tindak tutur assertive dalam aktivitas pembelajaran jarak jauh. Sumber data adalah tindak tutur yang dilakukan oleh guru saat pembelajaran jarak jauh menggunakan whatsapp chat group history. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan content analysis. Dalam mendeskripsikan fungsi dari tindak tutur assertive dalam pembelajaran jarak jauh yakni menggunakan teori makna illocutionary. Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukkan bahwa tindak tutur assertive yang dilakukan guru berjumlah 49 tuturan. Dengan kata lain tindak tutur assertive sering digunakan sekitar 48% dalam pembelajaran jarak jauh dimasa pandemi antara lain menginformasikan, menjelaskan, mengomentari, menjawab, memberikan umpan balik, mengumumkan topic, mengumumkan tugas. Tindak tutur assertive merupakan tindak tutur yang memiliki pengaruh yang sangat penting dalam aktivitas belajar secara online.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

lingua

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Lingua, provides a forum for the full range of scholarly study of the language and literature. Embracing the field of language and literature broadly defined, the editors warmly welcome articles and research reports addressing linguistics and ...