Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Vol. 10 No. 03 (2021): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan

PENGARUH PERPUTARAN PIUTANG TERHADAP PROFITABILITAS PT INDOFOOD SUKSES MAKMUR TBK 2018-2019 (Studi pada PT Indofood Sukses Makmur, Tbk)

Helen Fransiska (Politeknik Piksi Ganesha, Bandung)
Reza Fauziah (Politeknik Piksi Ganesha, Bandung)
Ramayani Yusuf (Universitas Pendidikan Indonesia Bandung)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2021

Abstract

Berdasarkan kegiatan penelitian tersebut mempunyai tujuan agar dapat mengkaji bagaimana dampak yang dihasilkan terhadap singkatan dari perputaran piutang terhadap profitabilitas dalam suatu perusahaan. Sementara penggunaan jenis data yang dipilih untuk kemudian menyesuaikan terhadap peristiwa yang diangkat dalam penelitian tersebut ialah data sekunder yang diinterpretasikan terhadap laporan keuangan yang berasal dari PT Indofood Sukses Makmur Tbk yang menjadi bagian dari Bursa Efek Indonesia periode 2018- 2019. Adapun metode yang dimanfaatkan melalui penelitian ini ialah jenis metode kuantitatif korelasi, untuk mendapatkan data yang berguna bagi kelangsungan penelitian melalui studi literatur, dengan variabel x perputaran piutang dan variabel y adalah profitabilitas perusahaan. sementara itu dalam kegiatan penganalisisan terhadap data yang telah dikumpulkan berdasarkan penelitian ini ialah analisis regresi linear sederhana serta diikuti dengan analisis korelasi. Adapun perolehan yang didapatkan berdasarkan hasil analisis adalah perputaran piutang memberikan dampak langsung yang bersifat positif pada profitabilitas dengan signifikan berjumlah 47,1% sementara 52,9% disebabkan adanya pengaruh yang berasal dari beberapa penggunaan yang tidak dimasukkan ke dalam bagian kegiatan penelitian ini dari beberapa faktor terkait.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mankeu

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (Mankeu) merupakan jurnal yang dapat di akses secara terbuka yang diterbitkan secara periodic tiga kali dalam setahun dengan periode April, September dan Desember. Mankeu menerima naskah secara nasionala dan local dari peneliti, akademisi, praktisi dan ...