Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Vol. 10 No. 03 (2021): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan

APAKAH KUNJUNGAN WISATA, TINGKAT PENGANGGURAN, DAN NILAI EKSPOR BERPENGARUH TERHADAP PENDAPATAN DOMESTIK REGIONAL BRUTO (STUDI KASUS: SEBELUM DKI JAKARTA MENGHADAPI COVID-19):

Dessy Rachmawatie (Department of Economics, Faculty of Economics and Business, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji dampak kunjungan wisatawan domestik, tingkat pengangguran, dan nilai ekspor, terhadap produk domestik regional bruto sebelum DKI Jakarta menghadapi Covid-19. Metode yang digunakan yaitu studi literatur dan analisis kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder (2011-2018), pengolahan data menggunakan Eviews9, dan dianalisis menggunakan model estimasi regresi time series. Hasil analisis menunjukkan bahwa, periode sebelum Covid-19 kunjungan wisatawan domestik dan nilai ekspor berpengaruh positif signifikan terhadap PDRB dengan nilai probabilitas 0,0086 dan 0,0021, sedangkan tingkat pengangguran berpengaruh negatif signifikan terhadap PDRB dengan nilai probabilitas 0,0020. Data yang digunakan penelitian ini hanya dalam lingkup DKI Jakarta dan objek penelitian hanya terfokus pada sektor pariwisata dan sosial ekonomi. Studi masa depan dapat memperluas studi empiris secara nasional atau internasional dan dapat menambahkan variabel lebih lanjut untuk memperkuat cakupan geografis. Makalah penelitian ini menyoroti analisis empiris berdasarkan data riil pariwisata dan sosial ekonomi di DKI Jakarta.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mankeu

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (Mankeu) merupakan jurnal yang dapat di akses secara terbuka yang diterbitkan secara periodic tiga kali dalam setahun dengan periode April, September dan Desember. Mankeu menerima naskah secara nasionala dan local dari peneliti, akademisi, praktisi dan ...