Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Vol. 2 No. 2 (2021): Desember

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANFORMASIONAL DAN MANAGERIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJAOGURU DI SMKN 2 TULUNGAGUNG

Faila Umi Risna (Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung)
Tutut Suryaningsih (Universitas Bhinneka PGRI, Tulungagung)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2021

Abstract

Abstrak Permasalahan utama ini gurundituntut untukOmemiliki_kemampuan kompeten sehinggaNmampu mengajar danNmembimbingApeserta dididik untuk keberhasilan tujuan pendidikan. Oleh karenaOitu kinerjaOseorang guru perlu ditingkatkanOdengan cara memberi pembinaanNdan pengembanganAprofesiAguru yang bertujuanNmeningkatkan kinerjaGguru yang optimal. Metode penelitian ini mengunakan metode penelitian kuantitatif asosiatif dengan populasi sebesar 93 anggota. Teknik pengambilan data sampelNyaitu denganNteknik Simple RandomNSampling sejumlah 50 anggota. PengumpulanBdataOyang digunakan adalahAmetodeAkuisioner berupa angket. Metode analisis yang digunakan adalah uji intrumen penelitian,uji prayarat analisis, uji keberhasilan koefisien regresi, pengujian hipotesis statistik . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Berdasarkan nilai tNhitung. (2.632) > tNtabel (2.01174) danNnilai Signifikansi 0,011N>N0,05 maka H01 ditolak dan H11 diterima, berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru di SMKN 2 Tulungagung; Oleh hasil nilai t hitung (0,885) < t tabel (2.01174) dan nilai Signifikansi 0,381 > 0,05 maka H12 ditolak dan H02 diterima, berarti tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan managerial kepala sekolah terhadapNkinerja guru di SMKN 2 Tulungagung; Berdasarkan hasil uji FNdapat disimpulkanNbahwa terdapatNpengaruh positif danNsignifikan dariNvariabel gaya kepemimpinan transformasional dan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMKN 2 Tulungagung, hal ini berdasarkan nilai FNhitung (10,434) > F tabel (3,19) an nilaiNSignifikan 0,000 < 0,05 maka H03 ditolak dan H13 diterima. Kata-kunci: KinerjaoGuru, Managerial, Gaya Kepemimpinan AbstractThe main problem is thatateachers have the ability to_be ableEto teach andAguide students to achieve educational goals. Therefore, teacher performance needs to be improved by providing guidance and teacher development aimed at improving optimal teacher performance. ThisOresearchOmethod usesOquantitative associative researchOmethods withOa populationOof 93 members. The data sampling technique is the Simple Random Sampling technique with a total of 50 members. The data collection_used isAa questionnaire method in theOform of aAquestionnaire. The analytical method used is the research instrument test, prayer analysis test, regression coefficient successAtest, statistical hypothesis testing. The results showed that: Based on the value of t arithmetic (2.632) > ttable (2.01174) and a significance value of 0.011 > 0.05, H01 was rejected and H11 was accepted, meaning that there is a positive and significant effect of transformational leadership style on teacher performance at SMKN 2 Tulungagung; Based on the results of the t-count (0.885) < ttable (2.01174) and the significance value 0.381> 0.05, H12 is rejected and H02 is accepted, there is no positive and significant effect of principal managerial onNteacher performanceNat SMKN 2 Tulungagung; Based on theNresults of the F test, it canNbe found that there is a positiveNand significant effect of theNtransformational leadershipNstyle and principalNmanagerial variablesNon teachernperformance at SMKN 2 Tulungagung, this is based on theNcalculated F value (10.434) > F table (3.19) and the Significant value is 0.000 <0.05Nthen H03 is rejected and H13 isNaccepted. Keywords: Teacher Performance, Managerial, Leadership Style.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpe-unima

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

LITERACY - Jurnal Pendidikan Ekonomi [ISSN 2774-9185] adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Manado. Jurnal ini bertujuan untuk menyajikan artikel ilmiah dari hasil penelitian yang mencakup topik pembelajaran Pendidikan Ekonomi, Akuntansi, Manajemen ...