Interaksi sosial anak dengan orang tua dalam pembelajaran daring di Dusun Kampung Desa Kaloran Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung, dengan rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana interaksi sosial anak dengan orang tua dalam pembelajaran daring di Dusun Kampung Desa Kaloran Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung. Latar belakang dari penelitian ini yaitu dengan adanya pademi virus covid-19 tatanan dalam bidang pendidikan menjadi berubah yang awalnya secara tatap muka, namun dengan adanya pandemi ini anak-anak belajar secara daring di rumah. Hal itulah yang mengubah pola interaksi sosial dalam proses pembelajaran, di sekolah anak berinteraksi sosial dengan guru, namun di rumah anak berinteraksi sosial dengan orang tua. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan interaksi sosial anak dengan orang tua dalam pembelajaran daring. Narasumber dalam penelitian ini adalah anak sekolah dasar yang berusia 8 tahun- 10 tahun dan orang tua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskrptif, dengan teknik yang digunakan adalah observasi dan wawancara sebagai pengumpulan data. Teori yang digunakan adalah teori interaksi sosial. Interaksi sosial merupakan hubungan sosial yang didalamnya terjadi hubungan timbal dan saling mempengaruhi, mengubah, atau memperbaiki perilaku. Hasil penelitian secara umum dapat dijelaskan mengenai interaksi sosial antara anak dan orang tua dalam pembelajaran daring. Terjadi interaksi sosial yang harmonis antara anak dengan orang tua saat orang tua memberikan perhatian pada saat anak belajar secara daring. Terjadi juga interaksi sosial yang tidak harmonis antara anak dengan orang tua saat orang tua tidak memberikan perhatian pada saat anak belajar secara daring.
Copyrights © 2021