JUKESHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 2 No. 1 (2022): Edisi Januari 2022

PELATIHAN ETIKA BISNIS DAN PEMBUKUAN BAGI PELAKU UMKM DI SEMOLOWARU KOTA SURABAYA

Nenny Syahrenny (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya)
Tegowati Tegowati (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya)
Wininatin Khamimah (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya)
In’am Widiarma (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya)
Dewi Mutmainnah (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah memberi motivasi dan semangat kepada pemilik UMKM untuk selalu mengembangkan usahanya, meningkatkan kreativitas dan daya saing melalui perilaku yang beretika. Tujuan selanjutnya adalah memberikan pelatihan mengenai penyusunan laporan keuangan yang sesuai dengan SAK EMKM. Dengan menggunakan standar, pemilik akan mendapat petunjuk mengenai penyusunan laporan keuangan, dapat membandingkan kinerja usahanya dari periode sebelumnya dengan periode berjalan. Diharapkan pelaku UMKM dapat memperoleh manfaat dari informasi yang disediakan oleh laporan keuangan. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian ini terdiri dari beberapa tahap, yaitu tahap survey, pelaksanaan dan pendampingan. Tahap pertama dilakukan survey pendahuluan ke Kelurahan Semolowaru bersama Kasie Ekonomi Kecamatan Sukolilo membahas mengenai kebutuhan ilmu yang diperlukan pelaku UMKM. Tahap kedua pelaksanaan, tim memberikan materi etika bisnis dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Peserta diharapkan aktif dalam bertanya dan berkonsultasi mengenai masalah etika bisnis yang mereka alami selama melakukan usaha. Setelah itu dilaksanakan pelatihan penyusunan laporan keuangan sesuai dengan SAK EMKM. Tahap ketiga adalah pendampingan, tim pengabdian memberikan kasus contoh menyusun laporan keuangan. Dalam bisnis harus dilakukan secara etis, contoh dalam usaha makanan, pemilik harus memperhatikan halalnya bahan pokok makanan, kualitas menu makanan, pengelolaan dan penyajian kepada konsumen, menerapkan fresh food, memprioritaskan pelayanan yang baik serta tempat nyaman dan bersih untuk konsumen. Tim memberikan kasus yang perlu dikerjakan oleh peserta pelatihan supaya dapat mengetahui bahwa kegiatan tersebut sudah dapat diserap dengan baik oleh peserta. Para peserta sangat antusias dalam mengerjakan kasus yang diberikan dan ada peserta yang berhasil menjawab kasus tersebut dan mendapatkan doorprize.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jukeshum

Publisher

Subject

Humanities Health Professions Nursing Public Health Social Sciences

Description

JUKESHUM merupakan Jurnal Pengabdian Masyarakat yaitu jurnal ilmiah berbasis open-access yang dikelola dan diterbitkan oleh Universitas Haji Sumatera Utara (UNHAJ). Jurnal JUKESHUM mempublikasikan hasil-hasil pengabdian masyarakat yang berbasis riset dengan ruang lingkup kesehatan, sosial dan ...