E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Vol 11 No 1 (2022)

PERUBAHAN POLA STRATEGI PEMASARAN KERAJINAN TANGAN DI SINGARAJA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Desak Made Febri Purnama Sari (Universitas Pendidikan Nasional)
Ni Kadek Risa Indriyani (Universitas Pendidikan Nasional)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2022

Abstract

Perubahan pola strategi pemasaran kerajinan tangan di Singaraja pada masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan strategi yang dilakukan oleh pengerajin tangan di Singaraja pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif, dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan lima informan yang sudah dipilih. Lokasi penelitian ini dilakukan di Desa Tigawasa karena di Desa Tigawasa terkenal akan kerajinan tangannya. Hasil penelitian ini yaitu, para pengerajin di Desa Tigawasa melakukan perubahan strategi pemasaran menggunakan digital marketing menggunakan aplikasi sosial media seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Selain itu pengerajin juga menggunakan e-commerce yaitu dengan aplikasi Shopee. Penelitian ini juga mendapatkan hasil bahwa, para pengerajin di Desa Tigawasa menggunakan strategi marketing mix 4P dan menerapkan langkah-langkah stratgei pemasaran yaitu segmentasi pasar, penentuan target pasar, dan posisi pasar. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Digital Marketing, Marketing Mix 4P, Langkah-langkah Strategi Pemasaran. Perubahan pola strategi pemasaran kerajinan tangan di Singaraja pada masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan strategi yang dilakukan oleh pengerajin tangan di Singaraja pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif, dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan lima informan yang sudah dipilih. Lokasi penelitian ini dilakukan di Desa Tigawasa karena di Desa Tigawasa terkenal akan kerajinan tangannya. Hasil penelitian ini yaitu, para pengerajin di Desa Tigawasa melakukan perubahan strategi pemasaran menggunakan digital marketing menggunakan aplikasi sosial media seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Selain itu pengerajin juga menggunakan e-commerce yaitu dengan aplikasi Shopee. Penelitian ini juga mendapatkan hasil bahwa, para pengerajin di Desa Tigawasa menggunakan strategi marketing mix 4P dan menerapkan langkah-langkah stratgei pemasaran yaitu segmentasi pasar, penentuan target pasar, dan posisi pasar. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Digital Marketing, Marketing Mix 4P, Langkah-langkah Strategi Pemasaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Manajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and ...