Jihbiz: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah
Vol 3 No 2 (2019)

Tijarah dalam Perspektif Fikih Muamalah pada Halal Network Internasional

Miftahal Anjarsabda Wira Buana (Universitas Islam Lamongan, Indonesia)
Moh. Ah. Subhan ZA (Universitas Islam Lamongan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan seseorang menjadi agen dari Halal Network Internasional-PT Herba Penawar Alwahida Indonesia (HNI-HPAI). Lebih lanjut, bagaimana sistem MLM Syariah di HNI-HPAI dan bagaimana analisis keputusan masyarakat menjadi agen Multi-Level Marketing (MLM) yang Halal dan Legal. Sementara itu data mencatat semakin hari semakin banyak minat masyarakat yang bergabung menjadi agen HNI-HPAI baik produknya dikonsumsi untuk diri sendiri maupun untuk dijadikan ladang bisnis. Dan analisis keputusan masyarakat menjadi agen, terdapat kejelasan atau transparansi mengenai strategi bisnis jaringan yang digunakan serta produk-produk yang dijual, bonus dan royalti pada HNI-HPAI adalah berdasarkan akad ju’alah di mana bonus dan royalti yang diberikan kepada para agen adalah berdasarkan prestasi kerja dari masing-masing agen. Dan analisis keputusan masyarakat menjadi agen, terdapat kejelasan atau transparansi mengenai strategi bisnis jaringan yang digunakan serta produk-produk yang dijual, bonus dan royalti pada HNI-HPAI adalah berdasarkan akad ju’alah di mana bonus dan royalti yang diberikan kepada para agen adalah berdasarkan prestasi kerja dari masing-masing agen.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jihbiz

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JIHBIZ: Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking has a focus study on Islamic economics, Islamic finance, and Islamic banking. While the scope of studies in this journal includes: Islamic Economics: Islamic economics thought, national Islamic economy strategies, the ecosystem of shariah ...