Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai
Vol 1, No 01 (2021): ENSIKLOPEDIA: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran

Pengaruh Cooperative Reading Groups Terhadap Kemampuan Membaca Siswa SMPN 1 Ngarip Ulubelu

Sugiyanto Sugiyanto (STKIP-PGRI Bandar Lampung)
Ratna Arum Sari (Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan membaca siswa yang belajar membaca melalui kelompok membaca kooperatif dan mendeskripsikan pengaruh Cooperative Reading Groups terhadap kemampuan membaca siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan menggunakan dua kelas sebagai sampel yang diambil dengan menggunakan cluster random sampling. Dalam teknik pengumpulan data digunakan tes, tes objektif dengan pilihan ganda. Peneliti menggunakan analisis kuantitatif dengan rumus uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh bahwa rasio = 4, 96 dan ttabel 5 persen = 2,00 dan 1 persen = 2,66. Jadi, Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya kelompok membaca kooperatif memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca siswa dan nilai rata-rata siswa yang belajar dengan menggunakan kelompok membaca kooperatif (80,8) lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional (69,2).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ESP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai, with registered number p-ISSN: 2808-1072 (print), e-ISSN: 2808-1153 (online), is a scientific journal published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai, Lampung. The aim of this journal ...