Jurnal Psikologi
Vol 14, No 2 (2021)

PENGARUH PSYCHOLOGICAL OWNERSHIP DAN LEARNING ORIENTATION TERHADAP INNOVATIVE WORK BEHAVIOR PADA KARYAWAN PERUSAHAAN OTOMOTIF

Municha A. Limbunan (Program Studi Psikologi Universitas Ciputra Surabaya)
Jimmy Ellya Kurniawan (Program Studi Psikologi Universitas Ciputra Surabaya)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2021

Abstract

Persaingan yang ketat, ditambah dengan berlangsungnya pandemi COVID-19, menyebabkan perusahaan otomotif di Indonesia mengalami resesi ekonomi. Dalam upaya memperbaiki resesi ekonomi, diperlukan perilaku kerja yang inovatif dari karyawan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh psychological ownership dan learning orientation terhadap innovative work behavior pada karyawan perusahaan otomotif di Indonesia. Responden dalam penelitian ini berjumlah 121 karyawan dari perusahaan otomotif, berdasarkan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah uji analisis regresi berganda. Hasil uji regresi berganda menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara psychological ownership dan learning orientation terhadap innovative work behavior, dengan sumbangan efektif sebesar 23,9%. Berdasarkan uji regresi berganda (metode stepwise) ditemukan bahwa psychological ownership berpengaruh signifikan terhadap innovative work behavior sebesar 23%, sedangkan learning orientation tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap innovative work behavior. Hasil tambahan dari uji korelasi matrix menunjukkan dimensi self-efficacy dari psychological ownership memiliki korelasi paling kuat dengan innovative work behavior.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

psiko

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Psikologi (JPUG) accepts manuscripts based on empirical research, both quantitative and qualitative. Priority is given to quantitative research of the multivariate type. Meanwhile, the Jurnal Psikologi also accepts meta-analysis or systematic review manuscripts that have advantages in terms ...