UG Journal
Vol 15, No 12 (2021)

APLIKASI “TECHNOBALL” BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN FRAMEWORK FLUTTER

Alfajri, Muhamad (Unknown)
Valentine, Vega (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat Aplikasi Informasi Teknologi Olahraga Sepakbola “TechnoBall” Berbasis Android yang dapat memudahkan penggemar sepakbola dalam mengetahui teknologi olahraga sepabola. Metode penelitian yang digunakan adalah System Development Life Cycle (SDLC) dengan tahapan yang meliput perencanaan sistem, analisis sistem, perancangan sistem, pembuatan aplikasi, dan uji coba aplikasi. Perancangan aplikasi dilakukan dengan menggunakan diagram Unified Modelling Language (UML), struktur navigasi, dan rancangan tampilan antarmuka aplikasi. Pembuatan aplikasi ini menggunakan framework Flutter dengan bahasa pemrograman Dart. Pengujian aplikasi dilakukan dengan tiga jenis uji coba, yaitu uji coba BlackBox dan uji portabilitas perangkat. Hasil uji coba Black Box menyatakan bahwa semua fungsi pada aplikasi telah berfungsi dengan baik sesuai dengan output yang diharapkan. Berikutnya, hasil dari uji portabilitas perangkat menyatakan bahwa aplikasi telah berjalan secara optimal pada setiap perangkat Android dengan rentang spesifikasi tertentu. Aplikasi ini dapat berjalan dengan baik setelah diuji coba di telepon pintar berbasis android.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ugjournal

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions

Description

UG Jurnal merupakan kumpulan jurnal penelitian dari semua fakultas yang ditulis oleh Dosen dan Mahasiswa Universitas Gunadarma. UG Jurnal terbit tiap sebulan sekali dan tiap bulannya memuat jurnal dari berbagai ...