Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol. 1 No. 03 (2021): Artikel Riset Edisi Desember 2021

Penerapan Model Pembelajaran Guided Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD

Eldayani, Rizki (Unknown)
Satinem, Yohana (Unknown)
Rosalina, Elya (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPS siswa Kelas IV SDAl Ilmu Lubuklinggau setelah diterapkan Model Pembelajaran Guided Teaching secara signifikan tuntas. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain eksperimen Pre-test dan Pos-test. Pengambilan sampel diambil dari jumlah populasi mengingat populasi hanya ada satu kelas maka populasi merupakan sampel dalam penelitian sampel yang digunakan adalah sampling jenuh adapun sampel dalam penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 24 siswa. Instrumen yan digunakan peneliti berbentuk soal essay yang berjumlah 8 soal. Pengumpulan data diambil dengan teknik tes. Data dianalisis dengan menggunakan rumus uji ā€œZā€. Berdasarkan hasil uji hipotesis kemudian dikonsultasikan dengan pada daftar distribusi ā€œZā€ denan taraf signifikan ? = 0,05 sehingga diperoleh nilai dan nilai maka dengan hal ini maka ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Guided Teaching dapat menuntaskan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Al Ilmu

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

educendikia

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan multi-disiplin ilmu, baik pembelajaran dalam jaringan juga luar jaringan, merdeka belajar, pengembangan metode belajar pembelajaran terkini yang merujuk pada semua tingkat usia dan yang berkaitan dengan ...