Jurnal Nasional Holistic Science
Vol. 2 No. 1 (2022): Jurnal Nasional Holistic Science

Pengembangan Materi Ajar Berbasis Media Instructional Dalam Pembelajaran Matematika

Siti Mutmainah (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2022

Abstract

Penelitian yang dilakukan agar mengetahui bagaimana pengembangan materi ajar berbasis media instructional dalam pembelajaran matematika dan menguji kelayakan pengembangan materi ajar berbasis media instructional bentuk Aljabar. Dalam hal ini peneliti mengembangkan media dalam bentuk video pembelajaran. Subjek penelitian adalah tiga ahli yaitu oleh dosen matematika Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dan oleh guru matematika SMP Swasta Mulia Securai sebagai ahli materi serta satu dosen pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara sebagai ahli media. Objek penelitian ini adalah materi ajar berbasis media Instructional dalam pembelajaran matematika yang menggunakan materi Bentuk Aljabar. Angket media pembelajaran sebagai instrumen penelitian yaitu menggunakan angket validator ahli materi dan ahli media. Dilihat hasil dari analisis data nilai rata – rata yang diperoleh ahli materi 4,1 dan ahli media memperoleh 3,7. Dari hasil tersebut peneliti menyimpulkan bahwa nilai keseluruhan 3,9 kategori baik adalah media pembelajaran matematika memenuhi persyaratan kelayakan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

HS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Ilmu Holistik yang diterbitkan oleh Lembaga Riset Mutiara Akbar, Medan, Indonesia merupakan jurnal akses terbuka yang dapat digunakan sebagai media interaksi bagi seluruh cendikiawan di berbagai bidang pendidikan, ilmu sosial dan penelitian. Pokok bahasannya meliputi studi tekstual dan kerja ...