JURNAL PASTI (PENELITIAN DAN APLIKASI SISTEM DAN TEKNIK INDUSTRI)
Vol 15, No 3 (2021): Jurnal PASTI

ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN HOTEL DENGAN METODE KANO BERDASARKAN DIMENSI SERVQUAL

Endah Utami Soetaryo (Universitas Ahmad Dahlan)
Rezki Fadhli Lawalata (Prodi Teknik Industri, FTI, Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap layanan suatu Hotel di kawasan Malioboro Yogyakarta. Berawal dari permasalahan terjadinya penurunan tingkat hunian yang terjadi selama tiga tahun berturut-turut serta adanya beberapa keluhan konsumen yang diperoeleh dari kotak saran dan aplikasi pemesanan hotel maka penelitian ini perlu dilakukan. Adapun metode yang digunakan adalah Metode Kano. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner Kano yang terdiri dari kuesioner Functional dan kuesioner Dysfunctional. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 120 responden dan teknik sampling dengan Purposive Sampling. Berdasarkan hasil penelitian, atribut layanan yang termasuk kategori Must Be yaitu hotel memiliki Swimming Pool, CaféBar bersih dan nyaman, karyawan berpakaian rapi, mampu menjaga privasi, bersedia menanggapi kritik dan saran, proses reservasi mudah, petugas parkir selalu dapat membantu. Atribut yang termasuk kategori One Dimensional yaitu interior menarik dan instagrammble, kamar dilengkapi lemari es, kondisi kamar dan Bathroom bersih dan nyaman. Atribut kategori Attractive adalah hotel tersedia fasilitas gym.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pasti

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Transportation

Description

The Journal PASTI (Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri) receives scientific papers on research that are closely related to the research and application of Industrial Systems and ...