Nuansa Informatika
Vol 16, No 1 (2022)

PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS)

yoyo zakaria (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2022

Abstract

Latarbelakang dari penelitian ini adalah adanya persepsi bahwa lembaga pendidikan menengah kejuruan membutuhkan media pembelajaran berbasis internet, penomena di lapangan bahwa sekolah belum memaksimalkan penggunaan internet dengan menggunakan media pembelajaran yang sesuai kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan learning management system (LMS), yakni Schoology. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 2 di kelas X Tekhnik Komputer Jaringan. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Research and Development (RD) dengan mengacu pada model penelitian dari Borg Gall yang disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov menjadi 5 langkah. Proses penelitian ini yaitu; (1) Melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, (2) Mengembangkan produk awal, (3) Melakukan uji coba lapangan skala kecil, (4) Uji coba lapangan skala besar dan (5) membuat produk akhir. Hasil statistik deskriptif dari kedua sampel yang diteliti yakni pre-test dan post-test. Untuk nilai pre-test diperoleh rata-rata hasil tes atau mean sebesar 66,86. Sedangkan untuk nilai post-test diperoleh nilai rata-rata sebesar 86,17. Karena nilai rata-rata pre-test 66,86 post-test 86,17, maka secara deskriptif ada perbedaan rata-rata nilai tes bahasa Inggris antara pre-test dan post-test.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ilkom

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

NUANSA INFORMATIKA is a peer-reviewed journal on Information and Technology for communication media academics, experts and practitioners of Information Technology in pouring ideas of thought in the field of Information Technology. NUANSA INFORMATIKA is a peer-reviewed journal on Information and ...