AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 10, No 4 (2021)

ANALISIS PENGARUH KETERAMPILAN DOSEN MENGAJAR DARING TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA DALAM PERKULIAHAN ANALISIS REAL I

Irvandi Gorby Pasangka (Universitas Nusa Cendana)
Jusrry Rosalina Pahnael (Universitas Nusa Cendana)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan dosen mengajar daring terhadap tingkat pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Analisis Real I. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling dan teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner dengan pengukuran skala likert. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu keterampilan dosen menggunakan aplikasi pembelajaran daring , keterampilan dosen menjelaskan materi secara daring , keterampilan dosen memanfaatkan internet untuk memberikan materi pembelajaran , dan tingkat pemahaman mahasiswa dalam memahami mata kuliah Analisis Real I . Hasil penelitian diperoleh model , di mana koefisien dari  dan  bernilai positif, artinya jika  dan  meningkat, maka  juga akan meningkat. Nilai Koefisien determinasi berganda  yang diperoleh adalah , yang berarti variabel  dan  memiliki pengaruh sebesar  terhadap variabel , dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termuat dalam penelitian ini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...