AKSIOMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 10, No 4 (2021)

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KONSTEKSTUAL BERBASIS ETNOMATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN SIKAP DISIPLIN

Maria Fatima Mei (Flores University)
Stefania Baptis Seto (Universitas Flores)
Stefanus Notan Tupen (Universitas Flores)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

 Rendahnya pemahaman konsep dan sikap disiplin disebabkan oleh kurangnya kreatifitas guru dalam mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan dari model pembelajaran kontekstual berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika dan sikap disiplin. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan sampel penelitian 22 orang mahasiswa program studi Pendidikan matematika semester II Universitas Flores. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah tes pemahaman konsep dan angket sikap disiplin mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan angket. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Pemahaman Konsep memperoleh nilai signifikan 0.000 hal tersebut berarti nilai p < 0.005 dan untuk sikap disiplin 0.003 hal tersebut berarti nilai p < 0.005, sehingga dapat diambil suatu keputusan bahwa Ho ditolak yang artinya terdapat perbedaan pre-test dan post-test Pemahaman konsep dan sikap disiplin mahasiswa sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran kontekstual berbasis etnomatematika. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa semester II sesudah menerapkan model pembelajaran kontekstual berbasis etnomatematika hasil pemahaman konsep dan sikap disiplin lebih baik dari pada sebelum menggunakan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kontekstual berbasis etnomatematika Kata kunci: Etnomatematika; Kontekstual; Pemahaman Konsep; Sikap Disiplin Abstract The low understanding of concepts and discipline is caused by the lack of creativity of teachers in learning with everyday life. The purpose of this study was to determine the effectiveness of the ethnomathematics-based contextual learning model. This study is a quasi-experimental research sample of 22 students of the second semester Mathematics Education study program at the University of Flores. The instruments used in this study were a concept understanding test and a student discipline attitude questionnaire. Data collection techniques were carried out using tests and questionnaires. Data analysis was done descriptively and inferentially. The results of the study concluded that Concept Understanding obtained a significant value of 0.000 which means the p-value < 0.005 and for disciplined attitude 0.003 it means the p-value < 0.005, so a decision can be taken that Ho is rejected, which means that there are differences in the pre-test and post-test understanding. concepts and student discipline attitudes before and after the application of ethnomathematical-based contextual learning. Therefore, it can be concluded that second-semester students after applying the ethnomathematics-based contextual learning model the results of understanding concepts and discipline attitudes are better than before using the ethnomathematics-based contextual learning model.Keywords: Contextual; Concept Understanding; Discipline; Ethnomathematics 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...