Intelektualita
Vol 10, No 02 (2021): Jurnal Intelektualita

PENCAPAIAN HASIL BELAJAR MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF MOTIVASI MAHASISWA

Ramli Abdullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2022

Abstract

Bahwa hasil belajar merupakan gambaran yang  berkaitan dengan  kemajuan atau perkembangan mahasiswa sejak dari awal mula mengikuti program perkuliahan  sampai saat  mereka mengakhiri program perkuliahan yang ditempuhnya. Jadi  hasil belajar dapat diketahui sesudah mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar dan mengalami perubahan tingkah laku. Dengan adanya suatu perubahan yang terjadi pada mahasiswa setelah mengalami pengalaman belajar dan itulah  disebut sebagai hasil belajar. Seseorang   mahasiswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi, mempunyai keinginan dan dorongan untuk belajar mata kuliah Manajemen Pendidikan,  Mahasiswa yang mempunyai keinginan dan dorongan untuk belajar suatu mata kuliah  dilandasi oleh adanya kebutuhan. Salah satu kebutuhan yang dekat dengan keberhasilan dalam belajar mata kuliah Manajemen Pendidikan adalah kebutuhan berprestasi.  Bahwa mahasiswa yang mempunyai motivasi belajar yang tinggi, akan ditandai dengan keinginan berani untuk bersaing dan menerima umpan balik serta dorongan untuk selalu bertanggungjawab dan pencapaian tujuan.  Bahwa mahasiswa yang memiliki dorongan untuk bertanggungjawab dan pencapaian tujuan belajar, menjadikan peserta didik untuk selalu disiplin dan terarah dalam kegiatan belajar suatu mata pelajaran. Oleh karena itu mahasiswa yang mempunyai motivasi belajar yang tinggi, akan memperoleh hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang mempunyai motivasi belajar rendah. Dengan demikian, jika dalam meningkatkan hasil belajar suatu mata pelajaran, perlu adanya upaya peningkatan motivasi belajar mahasiswa. Motivasi yang direalisasikan dalam wujud tindakan, dan merupakan salah satu faktor yang dapat digunakan untuk memprediksi kemajuan belajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

intel

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Intelektualita adalah jurnal berkala ilmiah yang berbasis open-accass yang memuat hasil-hasil penelitian, book review dalam bidang kajian Pendidikan, Manajemen Pendidikan, Supervisi, Kepemimpinan dan Psikologi. Jurnal intelektualita diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas ...