Bima Journal : Business, Management and Accounting Journal
Vol 2, No 2 (2021)

PENINGKATAN SKALA USAHA BUM DESA SUKA SARI DALAM MENGEMBANGKAN INOVASI BISNIS KOPI MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC)

Mujiono Mujiono (Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Dehasen Bengkulu)
Ineko Ade Fitrah (Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Dehasen Bengkulu)
Efriansyah Efriansyah (Tek. Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Dehasen Bengkulu)
Fitria Arimurti (Tek. Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Dehasen Bengkulu)
Tiarma Tiarma (Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Dehasen Bengkulu)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2021

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengembangkan usaha bisnis Suka Sari Coffee menggunakan Business Model Canvas. Selaras dengan amanah Undang-undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa Pasal 87 ayat 2, maka metode yang digunakan adalah partisipatif yang melibatkan para pemangku kepentingan di desa, mulai dari pengelola unit usaha, BUM Desa, pemerintahan desa, dan perwakilan petani. Hasil dari penelitian diperoleh sembilan isian elemen Business Model Canvas, diantaranya dengan contoh; (1) segmentasi konsumen; warung kopi, dan eksportir, (2) nilai produk; kadar air maksimal 2,5 % dan kopi dataran tinggi  di atas 1000 m dpl, (3) jalur distribusi; promosi di media sosial dan market place (4) hubungan konsumen; layanan via media sosial, dan diskon, (5) aliran pendapatan; robusta bubuk dan roast bean, (6) sumberdaya kunci; kebun kopi + 600 ha dan tenaga kerja terampil, (7) aktivitas kunci; pelatihan pengolahan dan pendampingan mitra, (8) mitra kunci; 14 kelompok tani dan perguruan tinggi, dan (9) struktur biaya; pembelian bahan baku dan pengolahan. Kesembilan komponen tersebut merupakan solusi sekaligus bentuk penyederhanaan atas masalah Suka Sari Coffee secara terstuktur, terukur dan dinamis.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bima

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

BIMA Journal is a scientific communication media which is issued by PDM Bengkulu. It is the contribution to the development of social science, business, accounting, and economy which is divided into the English Language which contains research results, literature review, field cases, or concepts. ...