Jurnal CARE
Vol 9, No 2 (2022): Januari

KREATIVITAS SENI ANAK USIA DINI DALAM KEGIATAN MENGGAMBAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Penelitian Kualitatif pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Andika Cilegon-Banten)

Henny Nurhaeny (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Tri Sayekti (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Luluk Asmawati (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kreativitas seni anak usia dini 5-6 tahun dalam kegiatan menggambar selama pandemi covid-19, 2) Mendeskripsikan metode yang digunakan untuk mengembangkan kreativitas seni anak usia dini 5-6 tahun, dan 3) mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kreativitas seni anak usia dini 5-6 tahun dalam menggambar di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok B1 TK Andika Cilegon dengan anak usia dini 5-6 tahun. Hasil penelitian ini adalah: 1) karya yang diciptakan oleh anak-anak Kelompok B1 TK Andika memiliki nilai kreativitas yang tinggi dilihat dari nilai kefasihan, keluwesan, elaborasi, dan orisinalitas yang baik. 2) Metode yang mendukung kreativitas seni anak di TK Kelompok B1 Andika Cilegon adalah menggambar bebas dengan awalan bentuk datar. 3) Faktor pendukung pengembangan kreativitas seni anak di kelompok B1 adalah adanya sarana prasarana sekolah, guru yang kompeten, dan tingginya kemauan anak untuk menggambar, sedangkan faktor penghambat perkembangan kreativitas anak di kelompok B1 TK Andika adalah keterbatasan jam jurnal pagi akibat pandemi covid-19 dan faktor emosi anak yang tidak menentu.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPAUD

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL CARE is a scientific journal on Early Childhood Education that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of early childhood education covering the fields of basic teaching in preschool, applied science and analytical-critical ...