Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 10, No 2 (2021)

ANALISIS KETERCAPAIAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MELALUI LKPD BERBASIS SAINTIFIK MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO CASE PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM

jurubahasa sinuraya (Prodi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Medan)
lilis umayak (Prodi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Tujuan penelitian adalah menganalisis ketercapaian keterampilan proses sains siswa melalui LKPD berbasis saintifik menggunakan media video case pada materi m. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Subjek penelitian adalah kelas X MIA di Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan kelas X MIA 4. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian keterampilan proses sains. Teknik analisis data menggunakan persamaan N-gain ternormalisasi untuk mengetahui ketercapaian keterampilan proses sains siswa. Hasil penelitian ketercapaian keterampilan proses sains siswa melalui LKPD berbasis saintifik menggunakan media video case pada materi momentum dengan rata-rata persentase penguasaan KPS pada LKPD adalah 78.9 %. LKPD yang digunakan cukup efektif untuk meningkatkan penguasaan keterampilan proses sains siswa yang ditandai dengan nilai rata-rata N- Gain ternornalisasi yaitu sebersar 0.54 yang memiliki kriteria sedang

Copyrights © 2021