JOURNAL OF EDUCATION SCIENCE
Vol 7, No 2 (2021): OKTOBER 2021

PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI BUDAYA DEMOKRASI

Eldafiatni Eldafiatni (Unknown)
Imran Imran (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran kooperatif Learning tipe JIGSAW dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi Budaya Demokrasi pada siswa kelas XI T. LAS di SMKN 2 Banda Aceh Tahun 2018.Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI T. LAS di SMKN 2 Banda Aceh Tahun 2018 sebanyak 30 siswa yang semua terdiri siswa putra. Analisa data menggunakan analisis deskriptif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus II.Hasil penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe JIGSAW dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi budaya demokrasi pada siswa kelas XI T. LAS di SMKN 2 Banda Aceh Tahun 2018 yang di tandai akhir siklus II diketahui telah terjadi peningkatan 90 % dari nilai tes kondisi awal 56,7% menjadi 70,0% pada siklus 1. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa meningkat sebesar 72,2% dari kondisi awal yang tuntas hanya 17 siswa, menjadi 27 siswa. Dengan demikian sebagian besar siswa kelas XI T. LAS di SMKN 2 Banda Aceh Tahun 2018, mengalami peningkatan hasil belajar pada materi budaya demokrasi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jes

Publisher

Subject

Education

Description

The aim of the Journal of Education Science (JES), p-ISSN 2442-3106, e-ISSN 2615-5338 is to provide an international forum for the sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of education, teaching, development, instruction, educational projects ...