Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 21, No 3 (2021)

Strategi Menghadapi Perubahan Global Melalui Analisis Tata Kelola Program Pascasarjana di National University of Singapore

Prihatin, Eka (Unknown)
Gaffar, Muhammad Fakry (Unknown)
Hasan, Said Hamid (Unknown)
Wahyudi, Yudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2022

Abstract

Semua universitas memiliki strategi unggulan dalam menghadapi perubahan global yang datangnya  sangat cepat dan mempengaruhi seluruh aspek kehidupan. Pendidikan menjadi senjata ampuh andalan  yang diharapkan dengan pendidikan yang berkualitas akan membuat negara mampu menghadapi  perubahan global bahkan mampu menjadikan perubahan tersebut menjadi peluang untuk  mengembangkan negaranya. Sehingga diperlukan analisis tata Kelola dari universitas ternama dari negara  lain sebagai brainstorming program pascasarjana. National University of Singapore menjadi lokasi  strategis untuk dianalisis untuk mendapatkan data tentang (1) sifat program pascasarjana dari universitas  yang dipilih; (2) kecenderungan umum tata kelola program pascasarjana; (3) dampak perubahan global  terhadap program pascasarjana; (4) strategi dan inovasi tata kelola dalam menyikapi dampak peningkatan  kualitas program pascasarjana; (5) implikasi penelitian terhadap tata kelola program pascasarjana  khususnya di Universitas Pendidikan Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 4 strategi NUS  dalam menghadapi perubahan yaitu (1) otonomi universitas; (2) rekruitmen tenaga akademisi kelas 1 dan  menyiapkan lingkungan, insfrastruktur untuk kolaborasi penelitian dengan para sarjana dalam  mengembangkan yang terbaru dan terunggul; (3) NUS selalu mengkondisikan lembaganya dalam  constructive dissatisfaction; dan (4) kolaborasi global. Sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi NUS  dalam menghadapi perubahan global sangat menitik beratkan pada kualitas sumber daya dan  pengembangan penelitian yang inovatif.

Copyrights © 2021