STRATEGIC
Vol 21, No 1 (2021): Strategic

Pengaruh Internet Banking dan Mobile Banking Terhadap Kinerja Keuangan Bank

Mayasari Mayasari (Universitas Pendidikan Indonesia)
Yusuf Murtadlo Hidayat (Universitas Pendidikan Indonesia)
Gita Esa Hafitri (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2022

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of intenet banking and mobile banking on the financial performance of banks from 2014 to 2019. Based on purposive sampling, a sample of four banking sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) with descriptive and verification analysis was then carried out with multiple regression. The result of this study indicate that there is significant effect between the number of internet banking transaction and the number of mobile banking transaction on the bank’s ROA. The number of internet banking transaction can affect a bank’s ROA decline, while the number of mobile banking transaction has an effect on increasing the bank’s ROA.Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh internet banking dan mobile banking terhadap kinerja keuangan bank dari periode 2014 sampai 2019. Berdasarkan purposive sampling diperoleh sampel sebanyak empat perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan analisis deskriptif dan verifikatif kemudian dilakukan uji regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara jumlah transaksi internet banking dan jumlah transaksi mobile banking terhadap nilai ROA bank. Jumlah transaksi internet banking dapat berpengaruh terhadap penurunan nilai ROA bank, sedangkan jumlah transaksi mobile banking berpengaruh terhadap peningkatan nilai ROA bank.

Copyrights © 2021