Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Vol 11, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan MIPA

Kontribusi Virtual Lab Phet Simulation untuk Membantu Praktikum Fisika Dasar

Inayatun Diraya (Universitas Islam Madura)
Agus Budiyono (Universitas Islam Madura)
Milisa Triastutik (Universitas Islam Madura)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap kontribusi Virtual lab PhET pada materi hukum hooke. Penelitian ini menggunakan metode Pra exsperimental dengan desain One shot case study. Penelitian dilakukan terhadap 29 mahasiswa pendidikan fisika dan pendidikan biologi Universitas Islam Madura yang sedang mengampu mata kuliah fisika dasar. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket respon dengan teknik analisis data menggunakan analisis dekripstif kuantitatif dengan bantuan pengumpulan data memakai skala likert. Hasil analisis data diperoleh dengn rata-rata 75% dapat dikategorikan kuat. Virtual lab PhET mampu menampilkan permainan edukatif membuat mahasiswa antusias belajar yang terdapat tools yang dapat mendukung media interaktif

Copyrights © 2021