Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi
Vol 6, No 4 (2021): Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi

PENGEMBANGAN MODUL MENGGUNAKAN APLIKASI SIGIL PADA MATERI PASAR MODAL DI SMA NEGERI 1 WANGI-WANGI

Hedi, Hedi (Unknown)
Rizal, Rizal (Unknown)
Ilham, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembanggkan modul menggunakan aplikasi sigil pada materi pasar modal, 2) Mengetahui respon siswa terhadap modul menggunakan aplikasi sigil pada materi pasar modul. Penelitian ini menggunakan adaptasi model pengembangan 4D.Instrumen yang di gunakan dalam pengambilan data dalam peneltian ini adalah wawancara dan angket.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini ialah: 1) Hasil penilaian dari ahli materi 1 untuk modul pembelajaran menggunakan aplikasi Sigil tersebut mendapatkan rerata skor sebesar 84,00% dalam kategori sangat baik, hasil penilaian dari ahli materi 2 mendapatkan rerata skor sebesar 81,58% dalam kategori sangat baik, hasil penilaian dari ahli materi 3 mendapatkan rerata skor sebesar 77,63% dalam kategori baik. Hasil penilaian dari ahli media 1 untuk modul pembelajaran menggunakan aplikasi Sigil tersebut mendapatkan rerata skor sebesar 77,28% dalam kategori baik, hasil penilaian dari ahli media 2 mendapatkan rerata skor 80,56% dalam kategori sangat baik, hasil penilaian dari ahli media 3 mendapatkan rerata skor sebesar 84,72% dalam kategori sangat baik. Hasil penilaian dari uji coba kelompok pertama untuk modul pembelajaran menggunakan aplikasi Sigil tersebut mendapatkan rerata skor 87,21% dalam kategori sangat baik.  Hasil penilaian dari uji coba Kelompok kedua untuk modul pembelajaran menggunakan aplikasi Sigil tersebut mendapatkan rerata skor sebesar 88,71% dalam kategori sangat baik. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul menggunakan aplikasi Sigil dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JOPSPE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan empat kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkaitan dengan Pendidikan, Ekonomi, Ekonomi Koperasi, Geografi Ekonomi, Ilmu Ekonomi, ...