Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan ikan teri menjadi produk keripik ikan teri, dan untuk menganalisis kelayakan usaha produk keripik ikan teri . Penelitian ini menggunakan Research and Development dengan tahap – tahap penelitian: (1) penciptaan ide/gagasan produk; (2) penyaringan ide; (3) pembuatan dan pengujian ide; (4) pengembangan strategi pemasaran; (5) analisis usaha; (6) pengembangan produk; (7) market testing; (8) komersialisasi.. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan perbandingan penghasilan nelayan penjual ikan teri basah/mentah dengan penjualan keripik ikan teri. 20 0rang nelayan penjual ikan teri diamati dan dicatat pendapatanx per bulan (12 hari kerja).Teknik analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasa, warna, tekstur, dan aroma dari keripik ikan teri ini disukai oleh konsumen karena cirri khas dari ikan teri sangat cocok untuk cemilan ataupun sebagai lauk. Berdasarkan hasil perhitungan analisis usaha meliputi, dengan satu kali produksi perhari menggunakan ikan teri sebanyak 5 kg mendapatkan keuntungan sebesar Rp.105.000/hari dan apabila diproduksi perhari secara massal dengan 12 hari kerja setiap 1 bulan menggunakan 60 kg ikan teri akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp1.766.200  /bulan (12 hari kerja), pendapatan yang dihasilkan ini lebih besar dari pendapatan penjualan ikan teri basah/mentah yang dihasilkan para nelayan
Copyrights © 2021