Jurnal Teknik ITS
Vol 10, No 2 (2021)

Identifikasi Area Terdampak Oil Seep di Darat dari Data Foto Udara Menggunakan Metode Object Based Image Analysis dan Convolutional Neural Networks (Studi Kasus: Kelurahan “X”)

Nurul Fitri Alya (Departemen Teknik Geomatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)
Filsa Bioresita (Departemen Teknik Geomatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)
Noorlaila Hayati (Departemen Teknik Geomatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)
Muhammad Alfian Romadhon (Departemen Teknik Geomatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)
Sondy Hardian Meisajiwa (Departemen Teknik Geomatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Rembesan minyak merupakan salah satu peristiwa yang merugikan lingkungan pada industri minyak dan gas. Hal ini dikarenakan senyawa kimia yang terkandung pada rembesan minyak dapat mengakibatkan penurunan kualitas lingkungan hidup. Rembesan minyak (Oil Seep) tidak hanya terjadi di wilayah perairan, tetapi juga di daratan, yang terserap oleh tanah. Kejadian ini dapat mengindikasikan adanya sistem perminyakan di bawah permukaan tanah. Dalam penelitian ini daerah terdampak rembesan minyak diidentifikasi menggunakan metode deep learning dengan Convolutional Neural Networks dimana mesin diharapkan meniru sistem kerja otak manusia dalam mengidentifikasi objek. Data foto udara yang telah terorthorektifikasi dilakukan proses segmentasi untuk membantu proses pelabelan training data pada tahap selanjutnya. Training data tersebut menjadi data masukan pada tahap train deep learning model, dan akan dilakukan proses klasifikasi piksel untuk mendeteksi area terdampak oil seep. Hasil pengolahan berupa tingkat akurasi model mencapai 93% dan raster yang menampilkan area terdampak oil seep, yang kemudian dihitung luasan areanya, dan menghasilkan perhitungan area terdampak oil seep seluas ±1,4 hektar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

teknik

Publisher

Subject

Engineering

Description

Jurnal Teknik ITS merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi mahasiswa ITS yang hendak mempublikasikan hasil Tugas Akhir-nya dalam bentuk studi literatur, penelitian, dan pengembangan teknologi. Jurnal ini pertama kali terbit pada September 2012, dimana setiap tahunnya diterbitkan 1 ...