Jurnal Teknik ITS
Vol 10, No 2 (2021)

Analisa Torsional Rigidity dan Bending Stiffness pada Bus Elektrik PUI-SKO ITS Konversi ICE ke BEV dengan Variasi Cross Member

Bacharuddin Yusuf Wahyudi (Departemen Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)
Bambang Sudarmanata (Departemen Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
Julendra Bambang Ariatedja (Departemen Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Perkembangan jumlah transportasi kian hari kian meningkat. Mulai dari kendaraan pribadi hingga kendaraan umum. Hal ini dikarenakan populasi yang terus bertambah dan juga ekonomi yang meningkat. Hal ini berdampak pada populasi kendaraan dijalanan yang meningkat juga, sehingga transportasi umum menjadi solusi yang dapat diambil untuk mengatasi kepadatan kendaraan ini, salah satunya adalah bus. Bus yang beredar di masa kini mayoritas merupakan kendaraan berbahan bakar fosil yang mana memberikan efek buruk pada lingkungan. Bus dengan tenaga listrik sudah ada namun masih terbatas dan terbilang jauh lebih sedikit jumlahnya. ITS melalui PUI-SKO memiliki solusi untuk mengatasi ini dengan ikut mengembangkan bus listrik yang ramah lingkungan. Dengan mencoba menggunakan sistem retrofit, menggunakan chassis dari bus ICE yang masih bisa digunakan untuk dikonversi menjadi BEV, tentunya akan lebih menghemat biaya dalam produksinya. Namun karena ada berbagai kebutuhan yang harus ada dalam kendaraan BEV seperti tempat baterai, maka diperlukan penambahan struktur ataupun modifikasi pada cross member. Dengan adanya perubahan ini tentu karakteristik dari kekakuan torsi dan bending kendaraan akan berubah juga. Metode yang digunakan adalah dengan metode simulasi 3D dan dilakukan pemodelan chassis ICE, chassis konversi BEV, dan chassis alternatif BEV dengan variasi cross member. Uji yang dilakukan merupakan uji torsi dan uji bending untuk mendapatkan nilai torsional rigidity dan bending stiffness. Analisis yang didapatkan berupa chassis ICE memiliki nilai terkecil untuk kekakuan torsi dan bending. Nilai kekakuan torsi terbesar pada chassis alternatif BEV, dan kekakuan bending terbesar pada chassis BEV. Hasil lain didapatkan bahwa cross member berpengaruh terhadap kekakuan torsi namun kurang memberikan pengaruh untuk kekakuan bending.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

teknik

Publisher

Subject

Engineering

Description

Jurnal Teknik ITS merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi mahasiswa ITS yang hendak mempublikasikan hasil Tugas Akhir-nya dalam bentuk studi literatur, penelitian, dan pengembangan teknologi. Jurnal ini pertama kali terbit pada September 2012, dimana setiap tahunnya diterbitkan 1 ...