Jurnal Sains dan Seni ITS
Vol 10, No 2 (2021)

Arsitektur Inklusif Sebagai Pendekatan pada Perancangan Pusat Pelatihan dan Pengembangan Keterampilan Tuna Daksa

Aulia Syadza Salsabila (Departemen Arsitektur Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)
Fardilla Rizqiyah (Departemen Arsitektur Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2022

Abstract

Minimnya perhatian kepada kelompok difabel tuna daksa adalah hal paling umum yang dapat ditemui di masyarakat. Salah satu bentuk minim perhatian tersebut adalah dari banyaknya fasilitas umum yang ada tampak tidak ramah bagi kelompok tuna daksa. Sulitnya akses dan minimnya ruang gerak cenderung membatasi kesempatan mereka untuk berpartisipasi karena faktor ketidaknyamanan. Ada banyak fasilitas yang tersedia dalam lingkungan masyarakat umum, salah satu diantaranya adalah pelatihan pengembangan keterampilan. Di Kota Madiun, partisipasi dari kelompok tuna daksa dapat dikatakan kurang karena faktor hambatan arsitektural yang telah disebutkan sebelumnya adalah hal yang paling terlihat. Melalui pendekatan arsitektur inklusif, perancangan pusat pelatihan dan pengembangan keterampilan tuna daksa di Kota Madiun ini akan menghadirkan sebuah kebebasan akses untuk kelompok tuna daksa, sehingga harapannya mereka dapat mengeksplor sebanyak mungkin baik dalam konteks lingkungan ataupun kemampuan yang mereka miliki.

Copyrights © 2021