Publikasi Pendidikan
Vol 12, No 1 (2022)

Efektivitas Pembelajaran Penddikan Pancasila Berbasis Daring Terhadap Partisipasi Mahasiswa PGSD

Amrah Amrah (Universitas Negeri Makassar)
Nurfaizah Nurfaizah (Universitas Negeri Makassar)
Suarlin Suarlin (Universitas Negeri Makassar)
Khaerunnisa Khaerunnisa (Universitas Negeri Makassar)
Bahar Bahar (Universitas Sawerigading)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat partisipasi belajar mahasiswa PGSD, mengetahui pembelajaran pendidikan pancasila dengan menggunakan metode Pembelajaran berbasis daring, dan mengetahui pembelajaran pendidikan pancasila efektif dalam meningkatkan partisipasi belajar mahasiswa PGSD. Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang mengandalkan jejaring internet berbasis Teknologi, Informasi dan Komunikasi melalui jejaring Web untuk mempermudah kegiatan belajar mengajar. Pendekatan  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  pendekatan kuantitatif dengan Jenis penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan mahasiswa PGSD semester 2. Sifat dan karakteristik populasi ini sama (homogen) karena menggunakan kurikulum yang sama. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Purposive Sampling sehingga yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas (M.91, M. 92, M. 93, M. 94, M. 95, M. 96) sebanyak 133 orang. Adapun yang menjadi variabel bebas (x) adalah pembelajaran pendidikan pancasila berbasis daring dan variabel terikat (y) adalah partisipasi belajar mahasiswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan uji normalitas Kolmogorov Smirnov dengan nilai signifikansi > 0,05 menggunakan bantuan SPSS. Uji Homogenitas data bertujuan untuk melihat tingkat homogen dengan asumsi bahwa data homogen nilai sig > α = 0,05. Levene’s Test for Equality of Variance pada software SPSS, dan Uji linieritas dilakukan untuk mengetahui hubungan yang linier dengan nilai nilai sig > α tabel Anova untuk Deviation from Linearity pada software SPSS. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai signifikansi 0,046 < 0,05 yang mengartikan bahwa pembelajaran pendidikan pancasila berbasis daring efektif terhadap partisipasi belajar mahasiswa PGSD

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...