Jurnal Kesehatan Masyarakat
Vol 9, No 3 (2021): MEI

LITERATUR REVIEW : APA SAJA FAKTOR RISIKO KEBERADAAN BAKTERI ESCHERICHIA COLI PADA ES BATU?

Mahotama Kumara Dipta (Peminatan Kesehatan Lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, Jl. Prof. H. Soedarto, S.H.,Tembalang, Semarang, Indonesia | Universitas Diponegoro)
Budiyono Budiyono (Bagian Kesehatan Lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, Jl. Prof. H. Soedarto, S.H.,Tembalang, Semarang, Indonesia | Universitas Diponegoro)
Nikie Astorina Yunita Dewantii (Bagian Kesehatan Lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, Jl. Prof. H. Soedarto, S.H.,Tembalang, Semarang, Indonesia | Universitas Diponegoro)



Article Info

Publish Date
17 May 2021

Abstract

Es merupakan hasil pembekuan air yang sering di temukan pada pedagang kaki lima hingga restoran, tetapi es yang dikonsumsi dapat menjadi sumber kontaminasi oleh mikoorganisme patogen Escherichia coli atau coliform. Keberadaan bakteri pada es ini dapat menyebabkan penyakit diare. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui faktor keberadaan bakteri Escherichia coli pada es yang dijual pedagang. Penelitian ini menggunakan metode literatur review. Penelusuran artikel dilakukan melalui database Google Scholar, Mendeley, DOAJ, dan Jurnal Kesehatan Masyarakat, pada bulan Mei 2020. Artikel yang digunakan adalah artikel dengan desain penelitian obsevasional. Hasil penelitian menemukan 12 artikel yang dikaji. Terdapat 83% yang menyatakan bahan baku air yang tidak matang dan 67% hygiene sanitasi juga dapat berpengaruh bakteri Escherichia coli pada es. Bahan baku menjadi faktor utama dalam mempengaruhi keberadaan Bakter Escherichia coli pada es.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jkm

Publisher

Subject

Public Health

Description

Jurnal Kesehatan Masyarakat (JKM) provides an online media to publish scientific articles from research and development in the field of Public Health. The scope of JKM is as follows: - Health Administration and Policy - Epidemiology - Environmental Health - Occupational Health and Safety - Health ...