GEARBOX Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Vol. 1 No. 1: Juni 2020

HUBUNGAN SIKAP BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR DASAR KELISTRIKAN OTOMOTIF SISWA KELAS X TKR SMK NEGERI 1 TOMOHON: SIKAP BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR DASAR KELISTRIKAN OTOMOTIF

Owen Rumajar (Universitas Negeri Manado)
Jenly D. I. Manongko (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan sikap belajar dengan hasil belajar dasar kelistrikan otomotif siswa kelas X TKR SMK Negeri 1 Tomohon. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji hipotesis/regresi dan uji korelasi. Yang menjadi populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X TKR SMK Negeri 1 Tomohon yang berjumlah 20 siswa pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Yang menjadi sampel penelitian sebanyak 20 siswa semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Analisis data menggunakan aplikasi SPSS 22. Hasil penelitiaan ini menunjukan bahwa adanya hubungan sikap belajar dengan hasil belajar dilihat dari hasil uji korelasi dimana didapatkan korelasi/hubungan antara sikap belajar dengan hasil belajar (R) adalah 0,924 dan dari uji regresi sederhana model summary diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,854 yang mengandung pengertian bahwa ada pengaruh variabel bebas (Sikap Belajar) terhadap variabel terikat (Hasil Belajar) yaitu sebesar 85.4% dan terdapat 14.6% pengaruh lain yang tidak di ketahui. Kesimpulan pada penelitian ini adalah sikap belajar (X) memiliki hubungan yang signifikan dengan hasil belajar (Y), dimana hubungan antara (X) dan (Y) sebesar 92.2% pada siswa kelas X TKR SMK Negeri 1 Tomohon.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

gearbox

Publisher

Subject

Education Engineering Mechanical Engineering Other

Description

The scope of Jurnal Gearbox includes philosophy, learning models, learning methods, curriculum, learning, evaluation, management, and policies on vocational education. In addition, studies in global scope related to technical and vocational education and training areas which become the object of the ...