Excellent
Vol 8, No 2 (2021): December

Pengaruh Kualitas Pelayanan Sistem Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Perorangan (Studi Pada Pembayaran Online Pajak Solo Destination)

Octa Putri Ayuningtyas (STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta)
Irwan Christanto Edy (STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta)
Shandi Marsono (STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh efisiensi, pemenuhan, ketersediaan sistem, dan privasi terhadap kepuasan wajib pajak. Populasi penelitian ini adalah wajib pajak PBB yang terdaftar pada BPPKAD Kota Surakarta dengan dengan jumlah 147.327 wajib pajak. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik teknik Simple Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis terdiri dari Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Multikolinearitas, Uji Autokorelasi, Uji Heteroskedastisitas, Uji Normalitas, Analisis Linier Berganda, Uji t, Uji F, dan Uji Koefisien Determinasi. Hasil Uji Hipotesis membuktikan bahwa : 1) Efisiensi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan wajib pajak. 2) Pemenuhan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wajib pajak. 3) Ketersediaan sistem berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan wajib pajak. 4) Privasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan wajib pajak. 5) Efisiensi, pemenuhan, ketersediaan sistem, dan privasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wajib pajak. 6) Pengaruh yang diberikan oleh variabel independen terhadap variabel dependen adalah sebesar 20,3%

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

excellent

Publisher

Subject

Other

Description

Excellent Journal, with registered number ISSN 1979-2700 (Print) and ISSN 2747-2833 (Online). We invite unpublished research, empirical study, book review, short communication and high quality research work pertaining to the recent developments and practices in the areas of Management, Business, ...