Pelestarian budaya lokal dapat dilakukan dengan beberapa cara termasuk menjadikannya sebagai media pembelajaran. Folklore Sawerigading adalah salah satu bentuk cerita rakyat masyarakat Bugis yang perlu diperkenalkan kepada putriputri harapan bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas folklore sebagai media pembelajaran menulis narasi pada murid kelas V SD Negeri 171 Cenrana. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat khususnya pada peserta didik dalam memahami cerita rakyat leluhurnya sendiri. Penelitian ini digolongkan ke dalam jenis penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data yang akan dilakukan adalah teknik observasi, yaitu peneliti langsung terlibat pada proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yang diperoleh serta hasil observasi yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media folklore dalam peningkatan keterampilan menulis siswa kelas V SD Negeri 171 Kabupaten Maros.
Copyrights © 2022