Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami)
Vol 4 No 1 (2022): Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami)

Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar

Alfi Nurlaili Rahmawati (UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Kebutuhan literasi menjadi hal krusial di era Society 5.0. Bermodal literasi cukup peserta didik dapat berinteraksi dengan kebutuhan dunia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi numerasi di kelas 5 tingkat sekolah dasar. Jenis penelitian yang diambil adalah deskriptif kualitatif. Jenis data yang dikumpulkan adalah hasil pemecahan masalah yang dilakukan peserta didik terkait soal numerasi yang didapatnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Instrumen tes terdiri dari beberapa seoal literasi dan pertanyaan berhitung. Berdasarkan hasil penelitian Dari 12 siswa yang melakukan tes dan wawancara sebanyak 7 siswa memiliki kemampuan literasi numerasi tingkat rendah dan sisanya memiliki kemampuan numerasi sedang dengan jumlah siswa 5.

Copyrights © 2022