cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami)
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Arjuna Subject : -
Articles 182 Documents
Pendekatan Problem Possing tipe Within Solution Berbasis Konteks Islami Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Ardita Agung Asriani; Abdul Muin; Kadir Kadir
Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami) Vol 1 No 1 (2017): Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami )
Publisher : Mathematics Department

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (732.324 KB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP swasta di Kota Tangerang Selatan, tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran dengan pendekatan problem posing tipe within solution berbasis konteks islami terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain randomized control group posttest only yang melibatkan 2 kelas sebagai sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas eksperimen diterapkan pendekatan problem posing tipe within solution berbasis konteks islami dan kelas kontrol diterapkan pendekatan konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kemampuan koneksi matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran problem posing tipe within solution berbasis konteks islami lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t memberikan hasil yang sangat signifikan, dengan nilai signifikansi 0,0065 < 0,05 (taraf signifikansi yang ditetapkan). Pengujian yang didasarkan pada nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 62,23 memberikan nilai kuasa uji sebesar 0,712. Hal ini menyatakan bahwa rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa pada kelas dengan pendekatan problem posing tipe within solution berbasis konteks islami sebesar 62,23 menunjukkan nilai yang lebih besar dari pada nilai rata-rata kelas dengan pendekatan konvensional.
ANALISA LOCAL SEARCH UNTUK PERBAIKAN SOLUSI VARIAN VRP PADA PERMASALAHAN OPTIMASI Sapti Wahyuningsih
Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami) Vol 1 No 1 (2017): Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami )
Publisher : Mathematics Department

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (353.423 KB)

Abstract

Teori graf mempunyai medan aplikasi yang luas khususnya pada permasalahan optimasi. Permasalahan Vehicle Routing Problem (VRP) merupakan kajian dalam teori graf yang dapat diaplikasikan pada permasalahan optimasi. Multi Depot Vehicle Routing Problem (MDVRP), Vehicle Routing Problem with time window (VRPTW) dan gabungannya yaitu MDVRPTW merupakan varian VRP yang akan dianalisa perbaikan solusinya dengan strategi local search. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan varian VRP ini adalah algoritma self-developed, algoritma interchange descent dan algoritma exchange local search. Strategi penyelesaian varian VRP adalah: tahap inisialisasi, tahap pengembangan dan tahap optimalisasi. Pada tahap pengembangan perbaikan solusi dianalisa dengan local search. Hasil solusi akhir algoritma self developed lebih baik dibandingkan algoritma interchange descent. Algoritma interchange descent melakukan perbaikan inter route dan intra route mengakibatkan proses iterasi yang lama tetapi diperoleh kemungkinan solusi hasil perbaikan lebih banyak jika dibanding exchange local search. Penentuan total waktu tempuh dapat dilihat dari seberapa lama kendaraan melakukan perjalanan. Algoritma self developed menghasilkan total waktu tempuh kendaraan yang minimal dibandingkan dengan algoritma interchange descent. Analisa local search untuk perbaikan solusi MDVRP, VRPTW dan MDVRPTW berguna untuk identifikasi solusi terbaik pada implementasi permasalahan optimasi.
Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching Learning dengan Integrasi Nilai Islam Terhadap Keaktifan Siswa Muhammad Alif Syibli; Moch. Lutfianto
Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami) Vol 1 No 1 (2017): Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami )
Publisher : Mathematics Department

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.006 KB)

Abstract

Peneliti telah mengamati kegiatan pembelajaran di SMKN 6 Surabaya. Dominasi siswa cenderung bosan terhadap pelajaran Matematika yang disebabkan beberapa faktor terutama faktor pengajaran oleh guru. Oleh karena itu peneliti mencoba metode baru yang dimana akan membuat keaktifan siswa meningkat. Dari penelitian yang telah dilakukan menggunakan “One-Shot Case Study”, peneliti mendapatkan hasil bahwa keaktifan siswa meningkat dan siswa jadi lebih fokus terhadap metode yang telah diberikan. Selain itu siswa juga dapat diingatkan tentang integrasi Islam yang ada di dalam Matematika. Tak hanya keaktifan yang meningkat tetapi juga keimanan siswa juga meningkat. Hal lain yang peneliti dapatkan adalah pengaruh hasil pembelajaran siswa terhadap metode ini berkorelasi dengan keaktifan siswa.
Text a'an almiati ervi; Aprillia Dwi Handayani; Feny Rita Fiantika
Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami) Vol 1 No 1 (2017): Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami )
Publisher : Mathematics Department

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.805 KB)

Abstract

Pendidikan merupakan sebuah proses kegiatan yang di sengaja atas input siswa untuk menimbulkan suatu hasil yang diinginkan sesuai tujuan yang ditetapkan. Pendidikan matematika perlu ditingkatkan kualitasnya. Banyak persoalan kehidupan yang memerlukan kemampuan menghitung dan mengukur. Terobosan efektif untuk membangkitkan semangat belajar dan hasil belajar siswa disekolah salah satunya dengan membangun komunitas belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Efektivitas Komunitas Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Segiempat. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Ngadiluwih Kediri dan peneliti bertindak sebagai guru dalam melaksanakan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kemampuan guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar tes hasil belajar, dan lembar angket respon siswa. Pada penulisan ini hanya akan menyajikan samapai pembuatan instrumen yang akan digunakan untuk penelitian.
Clustering Dampak Gempa Bumi di Indonesia Menggunakan Kohonen Self Organizing Maps (SOM) Ninda Nurul Halim; Edy Widodo
Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami) Vol 1 No 1 (2017): Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami )
Publisher : Mathematics Department

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (708.431 KB)

Abstract

Indonesia merupakan wilayah yang sangat rawan bencana gempa bumi dan memiliki tingkat kegempaan tinggi. Di Indonesia gempa yang mengakibatkan kerusakan terjadi 3-5 kali dalam setahun. Oleh karena itu, penting dilakukan clustering pada dampak gempa di Indonesia sebagai upaya mitigasi bencana. Adanya clustering ini berguna untuk mengelompokkan gempa atas dasar karakteristik yang dimiliki. Sehingga upaya mitigasi dapat disesuaikan dengan karakteristik yang dimiliki masing-masing provinsi pada tiap cluster. Metode cluster yang digunakan adalah Kohonen Self Organizing Map (SOM). SOM merupakan metode analisis untuk data berdimensi tinggi dan tidak diperlukan asumsi serta dapat menghasilkan visualisasi objek tersebut. Data yang digunakan adalah 14 variabel dampak gempa bumi pada 26 Provinsi di Indonesia yang mengalami gempa tahun 2000-2016 yang berasal dari publikasi DIBI BNPB. Dari data tersebut didapatkan 4 cluster yang masing-masing memiliki karakteristik tersendiri. Penentuan jumlah cluster dilakukan dengan melalukan validasi cluster menggunakan internal validation. Setelah dilakukan iterasi sebanyak 4000 maka terbentuk cluster 1 yang terdiri dari 2 Provinsi, cluster 2 terdapat 1 Provinsi, cluster 3 terdiri dari 2 Provinsi dan cluster 4 terdiri dari 21 Provinsi.
Eksistensi Solusi Persamaan Lyapunov pada Sistem Linear Waktu Diskrit Atas Ring Komutatif Inna Kuswandari; Fatmawati Fatmawati; Mohammad Imam Utoyo
Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami) Vol 1 No 1 (2017): Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami )
Publisher : Mathematics Department

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (557.962 KB)

Abstract

Misalkan diberikan sistem linear atas ring komutatif. Beberapa sifat penting dari sistem linear adalah stabil asimtotis, terkendali, dan terobservasi. Sistem dikatakan stabil asimtotis jika solusi sistem dalam rentang waktu tak terbatas akan menuju ke suatu titik tertentu, dalam hal ini titik kesetimbangan. Selain menggunakan kriteria nilai eigen, kestabilan sistem linear berkaitan erat dengan eksistensi solusi persamaan Lyapunov. Tujuan penelitian ini adalah menentukan syarat cukup eksistensi solusi persamaan Lyapunov pada sistem linear waktu diskrit atas ring komutatif terkait kestabilan, keterkendalian, dan keterobservasian sistem.
Penerapan Strategi Pembelajaran Peer Lesson untuk Peningkatan Keaktifan Siswa SMP Pokok Bahasan Lingkaran Lia Dwi Arinda; Darsono Darsono; Fenny Rita Fiantik
Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami) Vol 1 No 1 (2017): Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami )
Publisher : Mathematics Department

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.446 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran Peer Lesson bagi siswa SMP Kelas VIII pokok bahasan lingkaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Metode pengumpulan data yang digunakan saat penelitian adalah metode observasi, yaitu observasi keaktifan siswa dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah proses analisis data, penyajian data, dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Penerapan strategi pembelajaran peer lesson pada siswa SMP pokok bahasan lingkaran dari aktivitas guru dilakukan dengan kriteria baik dengan perolehan nilai rata-rata aktivitas guru yaitu 92,85% sedangkan dari aktivitas siswa diperoleh nilai rata-rata keaktifan siswa yaitu 61,62% dengan kriteria cukup baik. Peningkatan keaktifan pada siswa SMP selama penerapan strategi pembelajaran peer lesson di dalam kelas diperoleh dengan kriteria cukup baik dengan perolehan nilai rata-rata peningkatan keaktifan yaitu 61,62%.
Some sequence spaces on the Orlicz space Haryadi haryadi
Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami) Vol 1 No 1 (2017): Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami )
Publisher : Mathematics Department

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (275.807 KB)

Abstract

Although, the Orlicz space is a generalization of classical Banach space , the method used in [4] to construct sequences spaces on no longer work on the Orlicz space. In this paper, we construct some sequence space in the Orlicz space such that the resulting sequences spaces is a generalization of the sequence space in . We use modular to construct the Luxemburg norm and describe some topological properties in the spaces.
Model Machine Learning CART Diabetes Melitus Ria Dhea Layla Nur Karisma; Bambang Widjanarko Otok
Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami) Vol 1 No 1 (2017): Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami )
Publisher : Mathematics Department

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.645 KB)

Abstract

Penyakit Diabetes secara perlahan dapat menimbulkan masalah yang dikenal dengan the silent killer. Penyakit Diabetes disebabkan oleh kerusakan pada hormon insulin Tipe penyakit Diabetes ada tiga jenis, yaitu Diabetes tipe I yang disebabkan oleh kurangnya produksi insulin, tipe II yang disebabkan oleh produksi hormon insulin yang berlebihan, dan Gestasional yaitu hiperglekemia yang terjadi selama kehamilan. Metode CART (Classification and Regression Tree) merupakan salah satu metode yang digunakan untuk pengklasifikasian. Metode CART dapat digunakan untuk data yang memiliki skala kontinu maupun rasio. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data skunder dari penderita Diabetes Melitus tipe II dan bukan Tipe II. Variabel respon yaitu penderita Diabetes tipe II dan bukan tipe II, dengan variabel prediktor riwayat keluarga, usia, jenis kelamin, obesitas, pola makan, dan aktivitas fisik (olahraga). Faktor-faktor yang mempengaruhi penderita Diabetes Melitus menurut metode CART riwayat keluarga, obesitas, usia, dan jenis kelamin.
Kemampuan Number Sense Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelas VII pada Materi Bilangan Anis Suraida Safitri; Sri Mulyati; Tjang Daniel Chandra
Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami) Vol 1 No 1 (2017): Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami )
Publisher : Mathematics Department

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (335.996 KB)

Abstract

Kemampuan number sense (kepekaan bilangan) dibutuhkan bagi siswa dalam proses pembelajaran matematika. Siswa dengan number sense yang baik akan mampu memanfaatkan pengetahuannya tentang bilangan dalam pemecahan masalah matematika. Oleh karena itu, tinjauan mengenai kemampuan number sense siswa perlu dilakukan untuk melihat sejauh mana siswa dapat menggunakan kemampuan number sensenya dalam situasi masalah. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan number sense siswa kelas VII di Lembaga Bimbingan Belajar Surya Gemilang. Subjek penelitian sebanyak 3 orang, yaitu masing-masing 1 subjek dari kelompok tinggi, sedang, dan rendah. Kemampuan number sense digali melalui wawancara terpadu pada hasil tes kemampuan number sense siswa. Kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dari hasil analisis data, peneliti menyimpulkan bahwa semua subjek tidak memiliki kepekaan yang cukup baik mengenai hubungan antar bilangan, operasi bilangan, hubungan antar operasi bilangan, dan sifat-sifatnya sehingga semua subjek tidak fleksibel dan berfokus pada penggunaan perhitungan prosedural yang mereka terima di sekolah ketika memecahkan masalah.

Page 1 of 19 | Total Record : 182