Alotrop Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia
Vol 6, No 1 (2022)

PENGEMBANGAN E-MODULE BERBASIS KNOWLEDGE BUILDING ENVIRONMENT MENGGUNAKAN METODE 4S TMD PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI

Diska Verasanti (Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan PMIPA FKIP Universitas Bengkulu)
Sura Menda Ginting (Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan PMIPA FKIP Universitas Bengkulu)
Dewi Handayani (Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan PMIPA FKIP Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian development research yang bertujuan untuk mengetahui karakteristik, kelayakan dan respon peserta didik terhadap e-module yang dikembangkan. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan yaitu DDE (design, development and evaluation), pada tahap pengembangan e-module digunakan metode 4S TMD yang dibatasi sampai tahap strukturisasi. E-module berbasis Knowledge Building Environment (KBE) yang dikembangkan mengandung nilai-nilai perhatian, keingintahuan, menghargai kesehatan, dan menghargai lingkungan. Tingkat kelayakan e-module yang ditinjau dari segi media dan materi memenuhi kriteria sangat layak, dengan persentase masing-masing yaitu 95,38% dan 89,24% sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Adapun respon siswa terhadap e-module yang dikembangkan juga sangat baik dengan persentase sebesar 86,15%. Oleh karena itu e-module berbasis KBE yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan belajar dan bahan mengajar di sekolah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alotropjurnal

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Welcome to the Journal Alotrop, is an Open-Acces and peer-reviewed journal aims to publish scientific articles related to chemistry and education :i.e an interaction between natural sciences, educational sciences, technologies and management for both education and sciences and wise use of resources. ...