Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia
Vol 8, No 1 (2021)

Pengembangan Chemistry-Magz pada Materi Termokimia

Ramadhona Puspaningrum (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Hartatiana Hartatiana (Unknown)
Ravensky Y Pratiwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan R & D (Research and Development) yang bertujuan untuk mengetahui validitas dan respon peserta didik terhadap Chemistry-Magz pada materi termokimia. Prosedur pengembangan dari penelitian ini mengadopsi model Borg & Gall sampai tahap kedelapan. Penelitian ini melibatkan empat validator yaitu 2 validator ahli materi dan 2 validator ahli media. Subjek uji coba skala kecil dan uji coba skala menengah adalah peserta didik SMA Muhammadioyah 1 Palembang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, pedoman wawancara, dokumentasi, lembar validasi, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa kelayakan media Chemistry-Magz pada materi termokimia memperoleh hasil dari ahli materi sebesar 0,85 dengan kategori validitas sangat tinggi dan ahli media memperoleh hasil sebesar 0,79 dengan kategori validitas tinggi. Respon siswa terhadap media Chemistry-Magz pada materi termokimia dapat dikatakan sangat menarik, pada uji coba skala kecil memperoleh persentase nilai sebesar 80,2% dengan kategori sangat menarik, pada uji coba skala menengah memperoleh persentase sebesar 85% dan dinyatakan sangat menarik.

Copyrights © 2021