Abstrak”Pengembangan Bahan Ajar Menulis Poster Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa MTs di Jepara”. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau RND. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang tersedianya bahan ajar yang dapat membantu guru dan siswa dalam menulis poster dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Merumuskan kebutuhan bahan ajar menulis poster dengan model pembelajaran Problem Based Learning menurut guru dan siswa, 2) mengembangkan prototype menjadi bahan ajar menulis poster dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Sekolah tempat pengambilan data yaitu MTs NU Papasan dan MTs GUPPI Banjaran Bangsri Jepara. Instrumen yang digunakan yaitu berupa angket untuk isian ahli, guru pengampu, dan peserta didik. Prototipe hasil pengembangan bahan ajar menulis poster dengan model pembelajaran Problem Based Learning ini adalah : 1) bahan ajar sebagai media pembelajaran. 2) cakupan bahan ajar sesuai silabus, dan RPP. dan 3) data persepsi siswa tentang penggunaan bahan ajar sebagai media pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini adalah siswa dan guru membutuhkan bahan ajar sebagai media pembelajaran langsung dengan kompetensi menyimpulkan poster dari berbagai sumber. Saran dari penelitian ini : 1) Siswa hendaknya menggunakan bahan ajar sebagai media pembelajaran langsung sebagai penunjang belajar; 2) Guru hendaknya menggunakan bahan ajar sebagai media pembelajaran; dan 3) Peneliti yang lain hendaknya melakukan penelitian lanjutan guna penyempurnaan bahan ajar sebagai media pembelajaran kompetensi menulis poster.Kata kunci : Bahan ajar, menulis poster, model pembelajaran Problem Based LearningAbstract"Development of Learning Materials for Writing Posters with Problem Based Learning Models (PBL) for MTs Students in Jepara". This research is a type of development research or RND. This research is motivated by the lack of available teaching materials that can help teachers and students in writing posters using the Problem Based Learning model. The purpose of this study are: 1) Formulating teaching materials for writing posters with Problem Based Learning models according to teachers and students 2) Developing prototypes as teaching materials for writing posters with Problem Based Learning (PBL) models. The school where the data was collected was MTs NU Papasan and MTs GUPPI Banjaran Bangsri Jepara. The instrument used is in the form of a questionnaire for the content of experts, teachers, and students. The prototype of the results of the development of teaching materials for writing posters with the Problem Based Learning (PBL) model are: 1) Teaching materials as learning media. 2) Coverage of teaching materials according to syllabus, and lesson plan, and 3) Data on student perceptions about the use of instructional materials as learning media. The conclusion of this study is that students and teachers need teaching materials as learning media directly with competencies to conclude posters from various sources. Suggestions: 1) Students should use teaching materials as a direct learning media as a learning support; 2) Teachers should use teaching materials as learning media; and 3) Other researchers should conduct further research to improve teaching materials as a poster learning competency media. Keywords: Problem Based Learning (PBL) models , teaching materials, writing posters
Copyrights © 2021